comscore

Indonesia Open: Apriyani/Fadia Kurang Konsisten karena Tingginya Dukungan Suporter

Kautsar Halim - 17 Juni 2022 18:23 WIB
Indonesia Open: Apriyani/Fadia Kurang Konsisten karena Tingginya Dukungan Suporter
Pelatih ganda putri Pelatnas PBSI, Eng Hian. (Foto: Zam/Medcom.id)
Jakarta: Pelatih ganda putri Pelatnas PBSI, Eng Hian, turut buka suara terkait kekalahan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di perempat final Indonesia Open 2022. Menurutnya, itu terjadi karena faktor nonteknis menghadapi dukungan besar pencinta bulu tangkis Tanah Air.

Bertanding di hadapan penonton yang memadati Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 17 Juni, Apriyani/Fadia kalah pada perempat final dari wakil Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan skor 14-21 dan 19-21 dalam tempo 52 menit. Lawan mereka memang bukan sembarangan karena berstatus sebagai ganda putri ranking dua dunia.
Apriyani/Fadia yang nonunggulan sejatinya mampu memberikan perlawanan ketat dengan memimpin perolehan poin pada gim kedua. Tapi, mereka malah tampil kurang konsisten dengan lebih sering melakukan kesalahan sendiri pada poin-poin akhir gim kedua.

"Kalau evaluasi hari ini, saya lebih melihat bukan dari pola permainan Apriyani/Fadia yang tidak tepat atau pola permainan pasangan Korsel yang berubah. Tapi saya lebih melihat di sisi nonteknis," ujar Eng Hian yang akrab disapa Koh Didi dalam jumpa pers seusai laga. 

"Saya lihat, kalau Apri sudah terbiasa menghadapi berbagai tekanan, termasuk keinginan untuk menang. Tapi dari Fadia, 
masih seseuatu yang tidak mudah ketika menghadapi tekanan Istora," tambahnya. 

"Atmosfer yang luar biasa ini kalau atlet menyalahartikan kadang bisa jadi bumerang. Seharusnya bisa bermain lebih tenang, polanya lebih pelan, tapi dengan atmosfer ini jadi berubah total. Ini akan Fadia pelajari untuk turnamen berikutnya, dan ini tetap pengalaman luar biasa untuk Apriyani/Fadia," lanjut Koh Didi.

Hasil ini negatif Apriyani/Fadia ini cukup disayangkan karena mereka sempat menaklukkan Lee/Shin untuk melaju ke semifinal Indonesia Masters 2022 pekan lalu. Kemudian, kekalahan mereka membuat seluruh wakil ganda putri Indonesia habis di ajang Indonesia Open 2022. 

Selain Apriyani/Fadia, terdapat Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Febby Valencia Dwijayanti/Ribka Sugiarto yang tampil di nomor ganda putri Indonesia Open 2022. Namun, Febriana/Amalia kalah di babak 16 besar, sedangkan Febby/Ribka langsung gugur di babak 32 besar. 

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id