Markis Kido Tak Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata, Hariyanto Arbi Ngegas

    Rendy Renuki H - 15 Juni 2021 14:44 WIB
    Markis Kido Tak Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata, Hariyanto Arbi <i>Ngegas</i>
    Markis Kido (Indranil MUKHERJEE / AFP)



    Jakarta: Hariyanto Arbi mempertanyakan jenazah Markis Kido tak bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

    Menurutnya, dedikasi yang telah diberikan mendiang Kido bagi dunia bulu tangkis patut mendapatkan apresiasi. Namun, Kido tak bisa dimakamkan di TMP Kalibata, dan dikebumikan di TPU Kebon Nanas, Selasa 15 Juni 2021.

     



    Arbi menilai Kido telah bisa disebut sebagai pahlawan Indonesia, karena telah mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga khususnya bulu tangkis.

    Salah satunya gelar medali emas Olimpiade 2008 Beijing yang diraihnya bersama Hendra Setiawan. Arbi pun menuntut pihak terkait, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membantu merealisasikan hal itu.

    "Hari ini saya mendengar kabar bahwa Markis Kido yang menurut saya merupakan Pahlawan Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa, tidak bisa dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata," tulis Arbi di Instagramnya.

    "Pihak Kemenpora apa enggak sebaiknya dari sekarang di perjuangankan peraih emas Olimpiade bisa di makamkan di TMP kalibata? Jadi bingung aja, kalau menurut saya sudah layak seorang Markis Kido mendapat penghargaan di TMP Kalibata," lanjut eks pebulu tangkis tunggal putra itu.

    Arbi pun menanyakan kriteria apa yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa dimakamkan di TMP Kalibata. Apalagi gelar emas Olimpiade menurutnya patut diberikan hak istimewa oleh negara.

    "Apa kriteria untuk bisa mendapatkan kelayakan untuk ditawarkan privilege itu?
    Apakah seorang JUARA OLYMPIADE belum dirasa cukup?," lanjut pernyataan Arbi.

    "Masih keinget lho saya gimana Markis Kido dan kita semua terharu memandang Sang Saka Merah Putih yang dikerek naik paling tinggi dibanding negara lain di ajang Olimpiade setelah dia berjuang membawa nama baik bangsa," ungkapnya.

    Seperti diketahui, Markis Kido meninggal karena serangan jantung, Senin 14 Juni 2021. Dia mendadak ambruk saat bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Alam Sutera, Tangerang. Saat baru bermain setengah gim, Markis Kido tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri.

    Rekan-rekannya di lapangan segera memberi pertolongan dan membawa Markis Kido ke rumah sakit. Namun, nyawa sang legenda bulu tangkis itu tidak terselamatkan.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id