Tontowi Ahmad Pensiun

    Pelatih Ungkap Kesulitan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

    Gregorius Gelino - 18 Mei 2020 23:00 WIB
    Pelatih Ungkap Kesulitan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir
    Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (AFP/Goh Chai Hin)
    Jakarta: Tontowi Ahmad resmi menyatakan mundur dari tim nasional bulutangkis Indonesia pada usia 32 tahun. Owi, sapaan Tontowi, telah menyampaikan surat pengunduran diri pada hari ini, Senin, 18 Mei 2020. 

    Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, bernostalgia ketika pertama kali memasangkan Tontowi dengan Liliyana Natsir pada 2010 lalu. Butet, sapaan Liliyana, yang ketika itu ditinggal partnernya, Nova Widianto, membutuhkan partner baru yang lebih muda.

    Richard mengakui bahwa hubungan Owi dan Butet tidak selalu mulus. Bahkan, keduanya sempat berselisih di atas lapangan terutama ketika mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade.

    "Tekanan menuju olimpiade sangat besar, jangankan pemain, saya sebagai pelatih juga merasakan tekanan dan sempat emosional di suatu turnamen. Jadi saat itu baik Owi maupun Butet sama-sama sensitif," ujar Richard.

    "Yang satu teledor, ditegur sama yang satu lagi. Yang satu merasa nggak terima, merasa kalau nggak ada saya kan dia juga nggak bisa juara. Hal-hal seperti ini yang sebetulnya masalahnya di komunikasi, karena sebetulnya mereka berdua kan punya tujuan yang sama," jelasnya.

    "Saya sama Nova sudah coba ngomong sama mereka satu-satu, tapi hasilnya tidak terlalu bagus. Jadi saya ajukan ke Rexy (Mainaky) yang waktu itu jadi Kabid Binpres di PBSI, agar ada psikolog yang menengahi mereka," urainya.

    "Akhirnya ditugaskanlah pak Rachman Widohardhono, psikolog PBSI, untuk menangani Owi/Butet. Dari situ mulai digali dan mereka bicara banyak, sudah mulai ada pengertian, ada komitmen sehingga ada jalan," tutupnya.

    Pada akhirnya, keputusan memasangkan Owi dengan Butet terbukti tepat. Keduanya mempersembahkan satu medali emas Olimpiade 2016, dua kali Juara Dunia pada 2013 dan 2017, serta mempersembahkan satu medali emas SEA Games 2011.

    Video: Tontowi Ahmad Pensiun dari Bulu Tangkis

     



    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id