Legenda Bulu Tangkis Tiongkok Tutup Usia karena Kanker

    Kautsar Halim - 18 Oktober 2019 10:48 WIB
    Legenda Bulu Tangkis Tiongkok Tutup Usia karena Kanker
    Han Aiping. (Foto: Badminton Planet)
    Beijing: Legenda bulu tangkis putri asal Tiongkok, Han Aiping, meninggal dunia pada usia 57 tahun. Itu terjadi setelah dia berjuang melawan kanker paru-paru.

    Seperti dilansir sina.com, Han sudah bergabung dengan tim nasional Tiongkok pada usia 16 tahun dan langsung menjadi juara dunia tunggal putri pada usia 17 tahun.

    Sayangnya, Han sempat didiagnosa menderita Hyperthiroidsm (memiliki hormon thyroid yang berlebihan) ketika berada di puncak karier.

    Namun, setelah beristirahat selama dua tahun dan pulih pada September 1982, dia bangkit dengan menjadi juara kedua kompetisi tunggal putri nasional Tiongkok. 

    Setahun kemudian, prestasi Han makin melimpah dengan menjuarai Japan Open, Kejuaraan Dunia, dan Piala Dunia Bulu Tangkis (tunggal putri dan ganda putri).

    Pada 1989, Han memenangi delapan gelar tunggal putri dan lima gelar ganda putri di Kejuaraan Dunia. Dia senjata paling ampuh Tiongkok di  Piala Uber 1988.

    Han sempat berhadapan dengan legenda bulu tangkis Indonesia Susy Susanti pada Piala Uber 1988. Dia tetap keluar sebagai pemenang meskipun Susy unggul lebih dulu pada game pertama dan game kedua.

    Han terdeteksi mengidap kanker paru-paru sejak 2016. Berbagai upaya sudah dilakukan, tapi nyawa wanita kelahiran 1962 itu tetap tidak tertolong. (ANT)





    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id