Perbedaan Pebulu Tangkis Jepang dengan Indonesia

    Kautsar Halim - 06 Januari 2021 08:35 WIB
    Perbedaan Pebulu Tangkis Jepang dengan Indonesia
    Rionny Mainaky. (Foto: Zam/medcom.id)
    Jakarta: Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, membeberkan perbedaan antara pebulu tangkis Jepang dan Indonesia. Menurutnya yang paling mencolok adalah kedisiplinan.

    “Memang, mereka lebih disiplin. Kemudian, lebih memiliki semangat pantang menyerah karena sudah terbiasa dilatih sejak kecil dari sekolahnya,” ungkap Rionny dalam siaran pers PBSI, Selasa (5/1/2021).

    Selain faktor kedisiplinan, tim Jepang juga disebutkan tidak mudah panik saat bertanding. Berbeda dengan para pebulu tangkis Indonesia, kata dia, yang kerap tampil terburu-buru dan masih perlu latihan mental.

    Berkat kedisiplinan dan kerja keras, Jepang telah menunjukkan kekuatannya dalam ajang bulu tangkis dunia dan bahkan mulai menyamai posisi Tiongkok sebagai tim yang paling ditakuti. Dari lima sektor, setidaknya ada satu wakil Jepang yang menempati ranking lima besar dunia.

    Rionny merupakan salah satu sosok penting di balik layar kesuksesan Jepang karena punya punya pengalaman melatih selama 23 tahun di sana. Oleh karena itu, dia direkrut PBSI sebagai Kabid Binpres untuk menggantikan Susy Susanti.

    Pengalaman Rionny dalam membangun bulu tangkis Jepang diharapkan dapat dipraktikkan di Tanah Air demi mengembalikan kejayaan bulu tangkis Indonesia. Merespons itu, Rionny mengatakan harapan tidak akan terwujud jika tidak dibarengi dengan kemauan kuat para pemain.

    “Tapi, saya harapkan kerja keras ini juga muncul dari kemauan atlet sendiri. Mereka harus menyadari bahwa hanya dengan latihan keras akan menghasilkan prestasi terbaik. Kalau tidak mau berlatih keras, saya kira percuma karena hanya membuang waktu dan harapan orang," pungkas Rionny. (ANT)

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id