Markis Kido Ternyata Punya Gelar Penghargaan dari Pemerintah

    Rendy Renuki H - 15 Juni 2021 18:10 WIB
    Markis Kido Ternyata Punya Gelar Penghargaan dari Pemerintah
    Markis Kido (Indranil MUKHERJEE / AFP)



    Jakarta: Mantan pebulu tangkis nasional, Markis Kido, ternyata mempunyai gelar penghargaan dari pemerintah. Gelar yang didapatkan Markis Kido yakni Parama Krida Utama Kelas 1.

    Gelar itu yakni penghargaan kepada para pelaku olahraga yang berprestasi dan berjasa mengharumkan nama bangsa. Almarhum Kido diberikan gelar itu usai meraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing.

     



    Mantan pebulu tangkis nasional itu diberikan penghargaan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

    "Jadi almarhum Markis Kido ini mendapatkan penghargaan Parama Krida Utama Kelas 1. Kita akui bahwa dia pernah menjadi juara baik di tingkat asia maupun di tingkat dunia di Olimpiade," kata Menpora Zainudin Amali, Selasa 15 Juni 2021.

    Namun, gelar penghargaan dari pemerintah tersebut rupanya belum cukup memenuhi kriteria untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Timur.

    Sehingga sempat terjadi polemik jenazah Kido yang tak bisa dimakamkan di sana. Alhasil, jenazah dimakamkan di TPU Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa 15 Juni 2021.

    "Sesuai dengan ketentuan, yang (boleh dimakamkan) di TMP itu (penghargaan) Bintang Republik Indonesia, Bintang Mahaputra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, serta anggota TNI dan polri yang gugur atau tewas dalam pertempuran," terang Menpora.

    "Itu yang punya Markis ke sini enggak masuk dalam kriteria. Jadi itu clear ya, karena dari Kementerian Sosial kriteria-kriteria itu yang ditempel," lanjut Menpora Amali.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id