Bulu Tangkis

    Dokter Gizi Ingatkan Atlet PBSI untuk Penuhi Kebutuhan Gizi

    Gregorius Gelino - 16 April 2021 16:05 WIB
    Dokter Gizi Ingatkan Atlet PBSI untuk Penuhi Kebutuhan Gizi
    Ahli gizi PBSI, dr. Vetinly (kiri) dan dr. Paulina (dok. PBSI)



    Jakarta: Ahli gizi pelatnas PBSI, dr. Vetinly dan dr. Paulina Toding, memberikan pesan kepada atlet yang akan menjalankan puasa di tengah padatnya jadwal latihan. Mereka mengingatkan para atlet untuk menjaga imun dan mencukup kebutuhan kalori.

    "Yang perlu diperhatikan atlet agar tetap fit dan imun terjaga saat menjalankan puasa adalah kecukupan kalori, komposisi makanan serta cairan dan elektrolit," pesan Vetinly.

     



    "Bagi atlet yang mau tetap berpuasa, harus memperhatikan asupan makan ketika sahur dan berbuka puasa. Tentu saja selain memperhatikan kecukupan kalori, komposisi makanan yg diasup juga perlu diperhatikan," sambungnya.

    "Yang sebaiknya dikurangi adalah makanan yang tinggi akan lemak jenuh. Perbanyak karbo kompleks, serat dan protein," lanjut Vetinly.

    Vetinly juga membagikan tips menu sahur dan berbuka puasa yang bisa dikonsumsi para atlet. Menurutnya, atlet perlu memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. 

    "Menu sahur sebaiknya adalah lengkap mengandung semua makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) serta mikronutrien (vitamin dan mineral)," ujar Vetinly.

    "Tentu saja diusahakan karbohidrat berasal dari karbohidrat kompleks dan serat yang cukup agar bisa menyediakan energi yang cukup sepanjang hari. Dan tidak lupa asupan protein juga penting untuk memberi efek kenyang lebih lama," imbuhnya.

    "Untuk buka puasa, sebaiknya diawali dengan air putih satu-dua gelas, lalu dilanjutkan dengan karbohidrat sederhana seperti jus buah atau buah kurma. Untuk menu-menu takjil seperti kolak, yang banyak lemak jenuh, santannya bisa diganti dengan susu low fat atau fiber creme," tutupnya. 

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id