Tontowi Ahmad Pensiun

    Cerita Pelatih Ganda Campuran Soal Keputusan Pensiun Tontowi Ahmad

    Gregorius Gelino - 18 Mei 2020 18:00 WIB
    Cerita Pelatih Ganda Campuran Soal Keputusan Pensiun Tontowi Ahmad
    Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (AFP/Goh Chai Hin)
    Jakarta: Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky merupakan salah satu orang di balik sukses Tontowi Ahmad, pemain spesialis ganda campuran yang baru saja memutuskan untuk mundur dari panggung bulu tangkis. Richard bercerita panjang mengenai anak didiknya tersebut. 

    Richard mengaku sudah lama mengetahui rencana Owi, sapaan Tontowi, untuk pensiun. Bahkan, Owi disebut telah merencanakan pensiun sejak parternya, Liliyana Natsir, memutuskan pensiun pada Januari 2019 lalu.

    "Sebetulnya sudah jauh-jauh hari kami diskusi panjang lebar sama Owi (Tontowi), saya bilang keputusan ada di tangan kamu, kalau sudah bulat keputusannya, segera ajukan ke PBSI. Tadi pagi dia kirim pesan di Whatsapp dan menunjukkan surat yang sudah disampaikan ke PBSI hari ini," kata Richard.

    "Waktu ke rumah saya itu dia sempat ngobrol dengan mendalam mengenai rencananya dia ke depan sambil kita makan bareng. Owi minta dimasakin ikan Tude bakar sama istri saya, memang itu kesukaannya dia dari dulu. Saya sering bawain makanan ini ke pelatnas," lanjutnya.

    "Ngobrolnya sudah cukup lama, sebulan, dua bulan lalu. Setelah Butet (Liliyana Natsir) mundur pun, Owi sudah bicara juga gimana baiknya untuk dia," jelas Richard.

    Owi sejatinya sempat mencoba untuk melanjutkan kariernya, bahkan berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow dan Apriyani Rahayu. Namun, hasil yang belum memuaskan bersama keduanya membuat Owi dan usia yang tak lagi muda membuat Owi memilih menyudahi kariernya di usia 32 tahun.

    "Dulu waktu masih pasangan sama Butet, dia mau latihan seberat apapun, apa yang dilatih hasilnya menunjang sekali di pertandingan. Tapi tantangannya jadi lebih banyak saat pasangan sama Winny. Motivasi sebetulnya ada, sudah dicoba dan dia mau latihan dengan durasi panjang sampai jam dua siang," papar Richard.

    "Tapi faktor usia memang tidak bisa dipungkiri. Kedua, Owi dari 'atas' turun ke 'bawah', ini jadi pergumulan buat dia dan saya rasa ini manusiawi. Nggak gampang, dari juara olimpiade, lalu harus meng-cover pemain muda, latihan mulai lagi dari nol," pungkasnya.

    Video: Tontowi Ahmad Pensiun dari Bulu Tangkis

     



    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id