Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo

    Viktor Axelsen Akhiri Kisah Indah Pebulu Tangkis Guatemala

    Kautsar Halim - 01 Agustus 2021 12:47 WIB
    Viktor Axelsen Akhiri Kisah Indah Pebulu Tangkis Guatemala
    Kevin Cordon. (Pedro PARDO / AFP)



    Jakarta: Viktor Axelsen masih terlalu tangguh bagi pebulu tangkis fenomenal asal Guatemala, Kevin Cordon. Dia akhirnya kalah setelah bentrok di babak semifinal tunggal putra Olimpiade Tokyo, Minggu 1 Agustus pagi WIB.

    Tetap tidak mudah bagi Axelsen untuk menaklukkan Cordon di venue Musashino Forest Plaza. Mantan tunggal putra terbaik asal Denmark itu butuh waktu 40 menit untuk menutup laga dengan skor 21-18 dan 21-11.

     



    Game pertama berlangsung ketat karena raihan poin kedua pemain tidak pernah terpaut terlalu jauh. Tapi, Axelsen mampu lebih konsisten ketika kedudukan imbang 18-18 dengan menyabet tiga poin tambahan secara beruntun untuk menutup game pertama.

    Perlawanan Cordon makin kendur pada pertengahan game kedua. Permainan netting-nya jadi kurang bermanfaat ketika pukulan-pukulan pengembalian sering keluar lapangan. Alhasil, Axelsen bisa lebih mudah mendapat poin untuk menyelesaikan laga.

    Selebrasi kemenangan Viktor Axelsen atas Kevin Cordon. (Alexander NEMENOV / AFP)
    Viktor Axelsen Akhiri Kisah Indah Pebulu Tangkis Guatemala


    Meski kalah, perjuangan Cordon yang didampingi pelatih asal Indonesia ini tetap patut diapresiasi karena dia sudah melewati batasan dan tradisi bulu tangkis untuk membalikkan prediksi. 

    Cordon diketahui sudah pernah tampil juga di Olimpiade 2008, 2012 dan 2016. Tapi, bisa ke semifinal merupakan pencapaian terjauh bagi dirinya dan wakil-wakil negara Amerika Tengah lainnya di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Olimpiade.

    Kemudian, dia hanya berstatus sebagai tunggal putra ranking 59 dunia yang berusia 34 tahun ketika berangkat ke Tokyo. Sebelum gugur, Cordon sukses menaklukkan lawan yang lebih diunggulkan seperti, Mark Caljouw (Belanda) di babak 16 besar dan Heo Kwang-hee (Korea Selatan) di perempat final.

    Selanjutnya, Cordon masih berpeluang membawa pulang medali perunggu jika mampu memenangi laga perebutan tempat ketiga kontra wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Sedangkan, Axelsen bakal menghadapi pebulu tangkis Tiongkok Chen Long di final, Senin 2 Agustus. 

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id