comscore

DPR Janji Tancap Gas Selesaikan RUU TPKS

Anggi Tondi Martaon - 31 Desember 2021 11:08 WIB
DPR Janji Tancap Gas Selesaikan RUU TPKS
Ketua DPR Puan Maharani. Foto Dok DPR.
Jakarta: Kejahatan seksual kian marak terjadi. Hal itu membuat DPR bakal tancap gas menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Belakangan banyak sekali terjadi kasus-kasus kekerasan dan hal ini menjadikan DPR RI semakin berkomitmen agar RUU TPKS dapat segera disahkan,” kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Jumat, 31 Desember 2021.
Puan prihatin dengan berbagai kasus kekerasan seksual yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan. Teranyar, kasus pemerkosaan yang terjadi kepada anak perempuan berusia 14 tahun di Bandung, Jawa Barat. 

Dia meminta pihak Kepolisian mengusut tuntas kasus ini. Seluruh pelaku pemerkosaan serta penjualan anak remaja harus ditangkap.

Polisi telah menangkap tiga pelaku kasus pemerkosaan dan penjualan anak remaja di Bandung. Setidaknya masih ada 17 orang lagi yang disebut terlibat pada kasus ini dan tengah diburu Polisi.

Baca: DPR Minta Polri Ambil Langkah Represif Atasi Kasus Kekerasan Seksual

“Saya percaya jajaran Polri akan mengerahkan seluruh upayanya untuk menangkap para pelaku yang memperkosa dan terlibat dalam praktik penjualan anak di bawah umur tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, beberapa hari lalu terjadi pemerkosaan di Maros, Sulawesi Selatan. Korban ditinggalkan pelaku yang berjumlah dua orang pelaku dalam di tengah jalan. 

Dari berbagai kasus yang terjadi, Puan menekankan pentingnya perlindungan korban kekerasan seksual yang mayoritas merupakan perempuan. Salah satunya melalui RUU TPKS.

“Kita sudah pahami bersama korban kekerasan seksual harus mendapatkan perlindungan hukum sebaik-baiknya. Kemudian pendampingan yang intens perlu diberikan untuk mengatasi trauma yang dialami korban,” ujar Puan.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id