comscore

Survei: Elektabilitas Ganjar Tertinggi dari 10 Nama

Kautsar Widya Prabowo - 21 Desember 2021 02:29 WIB
Survei: Elektabilitas Ganjar Tertinggi dari 10 Nama
ilustrasi/medcom.id
Jakarta: Lembaga Survei Charta Politika melakukan jajak pendapat terkait elektabilitas tokoh yang layak menjadi presiden pada 2024. Hasil survei menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki elektabilitas tertinggi dari 10 nama yang masuk bursa Calon Presiden (Capres) 2024.

"Ganjar Pranowo mendapatkan angka 28,2 persen hampir 30 persen, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 23,8 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 19,6 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam survei bertajuk Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum di Masa Pandemi, secara virtual Senin, 20 Desember 2021. 
Kemudian, diurutan keempat dan kelima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas masing-masing 5,8 persen. Selanjutnya, diposisi keenam ada Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (2,8 persen) dan posisi ketujuh ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,1 persen).

Baca: Ganjar-Erick Unggul di Survei Simulasi Pilpres 2024

Lebih lanjut, terdapat tiga nama lagi dengan tingkat elektabilitas di bawah 2 persen. Yaitu  Erick Thohir 1,8 persen, Puan Maharani 1,1 persen, dan Airlangga Hartarto 1 peraen. 

"Dua sososk yang dianggap malah lebih mudah mendapatkan tiket karena dia pemilik partai ada Mbak Puan dan Mas Airlangga yang kita tahu pemberitaan balihonya luar biasa, tapi masih harus berjuang keras karena 1,1 persen dan 1 persen," jelasnya.

Survei menggunakan asumsi metode penarikan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error 2,83 persen. Kemudian tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan pada 29 November-6 Desember 2021, dengan sampel 1.200 responden.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id