Bawaslu Klaim Lebih Transparan

    Faisal Abdalla - 22 Juli 2018 06:02 WIB
    Bawaslu Klaim Lebih Transparan
    Komisioner Bawaslu. Medcom.id/Husen Miftahuddin.
    Bangka Belitung: Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Ratna Dewi Pettalolo mengklaim lembaganya kini telah berbenah. Dia juga mengklaim Bawaslu sudah lebih transparan kepada publik. 

    "Secara subjektif saya ingin mengatakan kami sudah lebih baik. Kedekatan kami dengan masyarakat, media dan teman-teman LSM saya kira menjadi salah satu tolak ukur Bawaslu sekarang sangat terbuka untuk siapa saja," kata Ratna di Hotel Santika, Bangka Belitung, Jumat 20 Juli 2018. 

    Ratna mengatakan kombinasi lima komisioner Bawaslu dari unsur akademisi, praktisi pemilu, dan pemantau pemilu membuat lembaga pengawas pemilu ini telah mampu mengubah wajah Bawaslu. Dia juga mengatakan saat ini masyarakat sudah lebih mudah mengakses data-data yang dimiliki lembaganya. 

    Selain itu, kata Ratna, program-program Bawaslu tak hanya mendapat respon positif publik, tapi juga membawa dampak yang lebih baik untuk pemilu. 

    "Kami punya banyak program. Misalnya gerakan tolak poltiik uang dan politik SARA. Ini salah satu gerakan yang kami lakukan kemudian politik uang dan SARA tak terlalu besar saat Pilkada 2018, ini berarti gerakan-gerakan yang kami punya makna dan dampak," tandasnya. 

    Di sisi lain, Ratna mengakui ada hal-hal yang memang masih perlu diperbaiki oleh lembaganya. Namun dia menegaskan Bawaslu terus berusaha memperbaikinya. 

    "Kami yakin memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan kami terus melakukan itu. Tentu kepercayaan publik menjadi salah satu tolak ukur bagi kami untuk menciptakan ide-ide kreatif," tukasnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id