Wapres Dukung Pembangunan Kawasan Industri Halal di Gresik

    Kautsar Widya Prabowo - 10 November 2021 09:52 WIB
    Wapres Dukung Pembangunan Kawasan Industri Halal di Gresik
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Gresik membangun Kawasan Industri Halal (KIH). Ma'ruf menerima audiensi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa sore, 9 November 2021.

    "Saya kira kita memang mendorong pertumbuhan KIH. Itu memang program pemerintah dan salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah kita," ujar Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 November 2021.

     



    Ma'ruf menjelaskan salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ialah pengembangan industri halal dengan memperbanyak KIH. Wapres meminta Fandi segera berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa untuk melengkapi persyaratan administratif pembangunan KIH.

    "Yang penting saya kira koordinasi dengan Gubernur, dan kalau sudah memenuhi syarat (lanjut) ke Kementerian Perindustrian untuk memperoleh legalitasnya," kata Ma'ruf.

    Ma'ruf menuturkan saat ini ada tiga KIH yang telah memperoleh penetapan dari Kementerian Perindustrian. Yaitu Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Modern Cikande Industrial Estate di Serang-Banten, dan Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

    "Saya dengar sedang proses juga dua KIH di NTB. Mungkin juga Riau dan Batam sedang dipersiapkan," beber dia.

    Fandi juga melaporkan Pemerintah Kabupaten Gresik akan membangun KIH di lahan seluas 204 hektar di Kecamatan Sidayu, Manyar, dan Bungah. Lokasi tersebut juga telah didukung pelabuhan internasional.

    Fandi menjelaskan KIH Gresik salah satunya akan dijadikan tempat pengolahan daging sapi mulai dari pemotongan hingga pengemasan. Selanjutnya diekspor khususnya ke negara-negara muslim.

    "Jadi, nanti KIH akan mengambil sapi dari Brazil kemudian dipotong dan dipasarkan kembali ke negara-negara tetangga dan Timur Tengah," tutur dia.

    Baca: Wapres: RI Harus Bersaing Rebut Pangsa Pasar Halal Global
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id