Kejujuran Petugas Kebersihan KRL Teladan bagi Pejabat

    Yogi Bayu Aji - 19 Juli 2020 22:35 WIB
    Kejujuran Petugas Kebersihan KRL Teladan bagi Pejabat
    Sejumlah penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 12 Mei 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
    Jakarta: Beberapa hari lalu viral berita kejujuran petugas kebersihan kereta commuter line, Mujenih, yang mengembalikan uang Rp500 juta temuannya. Kejujuran petugas KRL itu harus diteladani para pejabat negara.

    Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi kejujuran pemuda itu. Sandi bangga menjadi orang Indonesia dengan sikap Mujenih tersebut. 

    Di tengah himpitan kesulitan ekonomi, Sandi menyebut bisa saja seseorang berpikir pendek apabila menemukan uang sebesar itu. Mujenih, terang Sandi, membuktikan masih ada sikap peduli dan jujur di negeri ini. 

    “Mengembalikan apa yang bukan milik kita, bahkan tidak mengambil sedikit pun, dia (Mujenih) melakukan hal yang baik. Saya sangat berharap bangsa kita menjadikan ini sebagai contoh,” kata Sandi di Jakarta, Minggu, 19 Juli 2020. 

    Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menyebutkan sikap Mujenih seolah menampar perilaku para pejabat. Pasalnya, ada banyak pejabat yang justru korupsi dengan mengambil yang bukan milik mereka.

    “Ini contoh yang sangat baik untuk diperlihatkan dan ini membuat orang merasa malu bagi mereka yang memiliki jabatan tinggi dengan mengambil semua yang bukan hak mereka,” pungkas Sandi.

    Baca: Petugas KRL Penemu Uang Rp500 Juta Banjir Hadiah

    Pada Senin, 6 Juli 2020, dua pekerja paruh waktu yang dikontrak PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yakni petugas pengawalan KRL Egi Sandi Saputra, 24, dan petugas kebersihan kereta Mujenih, 34, menemukan kantong plastik hitam berisi uang tunai Rp500 juta. Fulus itu berada di kolong bangku prioritas salah satu gerbong kereta komuter Jakarta-Bogor.

    Tanpa pikir panjang, keduanya pun menyerahkan uang itu kepada petugas layanan pelanggan. Uang itu dikembalikan kepada sang penumpang.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id