comscore

Pakar: PKS, Demokrat, PAN, dan PPP Berpotensi Jadi Poros Ketiga

Kautsar Widya Prabowo - 20 Desember 2021 11:56 WIB
Pakar: PKS, Demokrat, PAN, dan PPP Berpotensi Jadi Poros Ketiga
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Direktur Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai poros ketiga berpotensi muncul dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Setidaknya, ada empat partai yang dapat membentuk poros tersebut. 

"Sisa dari poros pertama dan poros kedua mengusung capres (calon presiden) cawapres (calon wakil presiden). Misalnya, PKS (Partai Keadilan Sejahtera), Demokrat, dan PAN (Partai Amanat Nasional) atau PPP (Partai Persatuan Pembangunan) sudah bisa mengusung capres dan memenuhi syarat ambang batas," ujar Pangi kepada Medcom.id, Senin, 20 Desember 2021. 

 



Menurut dia, keberadaan poros ketiga dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang bimbang memilih capres dan cawapres dari poros pertama atau poros kedua. Pangi berkaca pada Pilpres 2014 dan 2019 yang hanya diikuti dua pasangan calon.

Baca: Capres Perempuan Belum Dilirik Publik

"Ibarat kata poros ketiga adalah pemecah gelombang dan kita ambil pembelajaran dari dua pemilu sebelumnya. Benturan dan kerasnya pertarungan membuat masyarakat terbelah dan bahkan sudah mengancam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tutur dia. 

Saat Pilpres 2014 dan 2019, isu negatif bermunculan menghantam kedua pasangan calon. Isu intoleransi, politik identitas, hingga ideologi terus berdengung selama pilpres berlangsung. 

"(Ini) bisa mengancam Pancasila, kebinekaan, dan persatuan Indonesia kita," ungkap Pangi.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id