comscore

Jokowi: Perbaiki Ekosistem Usaha, Perizinan Harus Dipermudah

Andhika Prasetyo - 28 Maret 2022 14:05 WIB
Jokowi: Perbaiki Ekosistem Usaha, Perizinan Harus Dipermudah
Presiden Joko Widodo/Istimewa.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran menteri dan seluruh kepala daerah terus membenahi ekosistem usaha di Tanah Air. Jangan sampai birokrasi menghambat dan merusak ekosistem usaha.

"Saya minta jajaran pemerintahan, dari pusat sampai ke daerah, bekerja keras memperbaiki ekosistem usaha. Perizinan-perizinan harus terus dipermudah," ujar Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM di Istana Negara, Jakarta, Senin, 28 Maret 2022.
Tidak hanya menyederhanakan proses perizinan, pembenahan ekosistem usaha juga mencakup berbagai aspek lain. Misalnya, kemudahan mengakses permodalan dan teknologi hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Berikan juga pelatihan-pelatihan, keahlian-keahlian baru, sehingga para pelaku usaha bisa mengenal dan memanfaatkan teknologi yang tentunya bermanfaat bagi pengembangan usaha," kata Jokowi.

Baca: Pemerintah Minta Kepala Daerah Pangkas Aturan untuk Investor

Kepala Negara telah menandatangan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024. Jokowi ingin regulasi tersebut segera ditindaklanjuti menteri-menteri terkait sehingga bermanfaat bagi pelaku usaha.

"Saya ingin ekosistem kewirausahaan kita semakin baik dan akan lahir lebih banyak wirausaha muda baru, wirausaha muda yang produktif, kreatif, yang siap memajukan UMKM indonesia dan siap bersaing di pasar global," tandas Jokowi.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id