comscore

Legislator Diminta Pelototi Independensi dan Integritas Calon Anggota KPU

Juven Martua Sitompul - 08 Februari 2022 15:30 WIB
Legislator Diminta Pelototi Independensi dan Integritas Calon Anggota KPU
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Jakarta: Komisi II DPR dinilai perlu menyoroti independensi dan integritas para calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027. Terpenting, calon harus dipastikan mampu menjaga muruah KPU.

"Soal independensi dan integritas mereka ditertibkan, yang tidak genit lah, tidak terpengaruh dari godaan politik elektoral," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada wartawan, Senin, 7 Februari 2022.
Adi mencontohkan kasus suap yang menjerat mantan anggota KPU Wahyu Setiawan. Wahyu menerima sejumlah uang untuk meloloskan bekas caleg PDIP Perjuangan (PDIP) Harun Masiku ke DPR.

"Jadi kasus Harun Masiku dengan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, itu kan jadi bukti pada level tertentu penyelenggara KPU cukup rentan terhadap praktik politik transaksional," ujarnya.

Menurut Adi, masyarakat berharap calon anggota KPU dan Bawaslu menjadi manusia setengah dewa. Mereka harus bisa tak menoleransi kesalahan para komisioner lain ketika bertugas.

"Kelembagaan KPU tercoreng karena ada praktik suap, oknum komisioner KPU dengan politisi, itu kan mencoreng betul secara kelembagaan. KPU yang dianggap netral, lembaga manusia setengah dewa itu kebobolan oleh cawe-cawe dalam praktik suap PAW itu," kata dia.

Baca: Minta Masukan Masyarakat, Ini Calon Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027

Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 telah menyerahkan nama calon ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis, 6 Januari 2022. Timsel telah memilih 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu.

Ke-14 nama calon anggota KPU 2022-2027 yang lolos sejauh ini adalah August Mellaz, Betty Idroos, Dahliah, Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Kemudian, Isham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, M Afifuddin, M Ali Safaat, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Komposisi calon terdiri dari 10 laki-laki dan empat perempuan. Nama petahana yang lolos adalah Viryan, Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Selanjutnya 14 orang itu akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id