comscore

Pemerintah Targetkan Angka Stunting Kabupaten Madiun di Bawah 5%

Atalya Puspa - 12 Maret 2022 13:50 WIB
Pemerintah Targetkan Angka Stunting Kabupaten Madiun di Bawah 5%
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dok. Tangkapan Layar.
Jakarta: Pemerintah terus mengupayakan pencapaian target penurunan stunting hingga 14 persen di 2024. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Salah satu daerah yang cukup berhasil menangani stunting adalah Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Berdasarkan laporan, angka stunting di Kabupaten Madiun telah mencapai 15,59 persen. Angka itu menurun dibandingkan 2019, yakni 24,94 persen.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemerintah Kabupaten Madiun tidak berpuas diri dengan keberhasilan yang diraih. Muhadjir menargetkan angka stunting di Kabupaten Madiun turun menjadi di bawah 5 persen pada 2024.

"Bukan berarti Madiun boleh hanya menargetkan sampai 14 persen pada tahun 2024. Tapi karena sekarang sudah 15,5 persen, tahun 2024 sebaiknya Madiun harus di bawah 5 persen untuk stunting," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis, Sabtu, 12 Maret 2022.

Muhadjir mengapresiasi kerja keras semua pihak yang berusaha keras mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Madiun.

"Saya berterima kasih atas kerja kerasnya Bupati, ibu penggerak PKK, pendamping, tim relawan, bidan, pendamping PKH, pendamping desa, semua bekerja guyub rukun dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menyelesaikan stunting merealisasi program sesuai Perpres Nomor 72 Tahun 2021," ucap dia.

Baca: 15 Kabupaten di NTT Darurat Stunting

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan butuh kerja sama banyak pihak untuk mencapai target penurunan stunting hingga di bawah 5 persen. Menurut dia, kebersamaan bisa menyelesaikan masalah stunting.

"Pemerintah bersama seluruh elemen, termasuk partisipatori masyarakat. Jadi masyarakat tidak boleh cuek dan ikut menanganai stunting," ujar dia.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id