Komitmen NasDem Tolak Politik Identitas di Pilkada 2020

    Fachri Audhia Hafiez - 15 Desember 2019 10:55 WIB
    Komitmen NasDem Tolak Politik Identitas di Pilkada 2020
    Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Padang: Partai NasDem berkomitmen menjalankan politik 'sehat' dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. NasDem tak ingin menjaring tokoh yang hanya mengedepankan politik identitas.

    "NasDem tidak mau calon yang mengedepankan politik identitas," kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Ahmad Ali saat menggelar safari konsolidasi di Padang, Sumatera Barat, Minggu, 15 Desember 2019.

    Ali mengakui politik identitas sangat terasa pada Pemilu 2019. NasDem tak ingin pola demokrasi seperti itu masih terjadi di Pilkada 2020.

    Pemilu dinilai masih berjalan dengan pembangunan calon maupun partai yang diukur dari unsur identitas atau agama. Padahal, Pemilu ajang menjaring putra-putri Indonesia yang mengedepankan kepentingan rakyat dan berbicara mengenai kebangsaan.

    Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem di tingkat provinsi juga telah diberi mandat dari DPP, untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa yang sesuai dengan visi misi partai. Sosok calon ideal tidak bisa diukur hanya dari elektabilitas, tapi juga mampu bicara mengenai kebangsaan.

    "Untuk menghindari subjektifitas terhadap calon yang telah mendaftar ke Partai NasDem, maka pendekatan yang digunakan Partai Nasdem adalah berbasis survei," ujar Ali.

    Ali yakin melalui lembaga survei, tokoh yang memilki pengaruh di masyarakat akan muncul. Hal ini akan mempermudah NasDem untuk menentukan sosok calon kepala daerah.

    "Saya pikir lembaga survei itu adalah satu-satunya alat yang kita bisa percaya untuk mengukur apa keinginan masyarakat ke depan," ujar Ketua Fraksi di DPR ini.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id