Keppres Amnesti Baiq Nuril Ditandatangani Hari Ini

    Damar Iradat - 29 Juli 2019 10:37 WIB
    Keppres Amnesti Baiq Nuril Ditandatangani Hari Ini
    Terpidana kasus pelangaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Baiq Nuril (tengah) Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
    Jakarta: Presiden Joko Widodo bakal menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian amnesti untuk Baiq Nuril hari ini, Senin, 29 Juli 2019. Jokowi juga sudah berjanji segera menuntaskan persoalan amnesti ini secepatnya.

    "Bapak Presiden juga mau perjalanan ke luar kota. Jadi Insyaallah hari ini sudah ditandatangani beliau. Kita tunggu saja," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantornya, Senin, 29 Juli 2019. 

    Menurut Pratikno, keppres tersebut sudah di meja Presiden. Pratikno belum bisa memastikan apakah Jokowi akan memberikan keterangan soal penandatanganan keppres tersebut. 

    "Belum, belum tentu. Pokoknya Insyaallah hari ini ditandatangani. Tapi gimana Presiden nanti, belum ya," ujar dia. 

    Menurut Pratikno, amnesti kepada Nuril menjadi salah satu perhatian Jokowi. Apalagi, amnesti ini bukan rasa keadilan normatif belaka.

    "Pak Presiden sangat concern terhadap ini. Bukan semata-mata tekstual hukum namun rasanya itu ya, rasa keadilan masyarakat yang harus kita hargai. Keadilan substantif," kata Pratikno.

    Baca:  Amnesti Baiq Nuril Disetujui

    DPR menyetujui permohonan amnesti Nuril terkait pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Keputusan ini ditetapkan dalam rapat paripurna ke-23 pada masa sidang 2018-2019.

    Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Ranik, mengatakan salah satu pertimbangan amnesti ialah asas kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan. Amnesti tak terbatas pada kasus pidana politik seperti sebelumnya.

    "Ketiganya harus adil secara proporsional agar hukum jadi panglima. Penting DPR memberikan pertimbangan atas permohonan amnesti Baiq Nuril," jelas Erma dalam sidang paripurna.

    Dengan begitu, penghapusan pidana terhadap Nuril tinggal menunggu keppres dari Presiden Joko Widodo.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id