Jokowi Diminta Tak Mudah Disetir 3 Parpol Besar di Koalisi

    Kautsar Widya Prabowo - 17 November 2019 17:24 WIB
    Jokowi Diminta Tak Mudah Disetir 3 Parpol Besar di Koalisi
    Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta tidak mudah disetir dengan tiga partai politik (parpol) pendukungnya, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Partak Golongan Karya (Golkar). Pasalnya, ketiga parpol besar itu sewaktu-waktu bisa tidak selaras dengan kebijakan Presiden Jokowi.

    Direktur Eksekutif Paramater Politik  Indonesia Adi Praytino menjelaskan Presiden Jokowi harus merangkul seluruh elemen parpol pendukung. Seperti Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

    "Kalau parpol besar ingin protes, kritik, tidak sejalan dengan presiden, maka ada partai penengah yang bisa dijadikan back up politik," ujar Adi kepada Medcom.id, Jakarta, Minggu, 17 November 2019.

    Adi menilai potensi membelotnya parpol besar itu umumnya ditengarai sikap pimpinan parpol  yang merasa lebih tinggi kedudukanya dari Presiden."Kepentingan parpol besar sulit dikendalikan. Karena merasa menang Pileg, lebih senior," tuturnya. 

    Lebih lanjut, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah itu menyebut saat ini Presiden Jokowi harus mempererat solidaritas semua partai pendukungnya. Jokowi sempat menujukan kegusarannya saat Partai Nasdem melakukan manuver dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) beberapa waktu lalu. 

    "Kalau Nasdem tidak all out, Presiden Jokowi siapa lagi mau mengadu, ada rasa kehilangan kalau NasDem berubah. Makanya rangkulan pak Jokowi ke Nasdem ke Surya Paloh itu sebagai upaya menarik NasDem gak ke mana-mana, menjaga keseimbangan politik," pungkasnya.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id