Jokowi Puji Transparansi MK

    Nur Azizah - 28 Januari 2020 11:41 WIB
    Jokowi Puji Transparansi MK
    Mahkamah Konstitusi sedang bersidang. MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) yang sangat transparan dan terbuka ke publik. Salah satunya dapat dilihat dari penyelesaian sengketa Pemilihan Presiden 2019.

    "Atas nama pemerintah saya ingin mengapresiasi dan penghargaan atas pencapaian besar MK selama 2019 dalam menyelesaikan sengketa hasil pilpres dan pileg melalui proses yang sangat transparan," kata Jokowi dalam sambutannya di Laporan Tahunan Mahkamah Konstitusi 2019, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Januari 2020.

    Saluran streaming yang disiapkan MK dan izin bagi seluruh stasiun televisi menyiarkan isi persidangan menjadi bukti seluruh proses persidangan transparan. Tak hanya sengketa Pilpres 2019, MK juga disebutnya aktif dalam forum peradilan konstitusi internasional.

    "Dengan begitu, MK makin disegani, MK makin dihormati, dan bermartabat di mata dunia," ujar Jokowi

    MK melaporkan sudah menangani 262 perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dan 261 perkara perselisihan hasil pemilu anggota lembaga perwakilan di 2019. Dari 261 perkara tersebut, sebanyak 249 dimohonkan partai politik atau diajukan masyarakat, 10 perkara diajukan calon anggota DPD, dan satu perkara terkait ambang batas parlemen.

    Laporan Tahunan Mahkamah Konstitusi 2019 ini dihadiri sejumlah pejabat negara. Mulai dari Menteri Agama Fahrur Razi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

    Hadir pula Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Puan Maharani, Mantan Ketua MK Jimmy Asshiddiqie, dan Hakim Mahkamah Agung Hatta Ali. Laporan tahunan ini juga dihadiri sejumlah duta besar dari berbagai negara.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id