Medcom.id Undang Penulis Komentari Debat Pilpres 2019

    Sobih AW Adnan - 12 Februari 2019 13:00 WIB
    <i>Medcom.id</i> Undang Penulis Komentari Debat Pilpres 2019
    Tangkapan layar kanal Kolom dalam Oase Medcom.id/Sobih AW Adnan
    Jakarta: Jelang debat kedua calon Presiden (Capres) dan calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Pemilu 2019, Medcom.id mengundang pembaca untuk terlibat langsung dalam mengungkapkan gagasannya melalui bentuk esai atau opini.

    Pembaca, bisa menuliskan saran, ide, kritik, analisa, atau tanggapan terkait tema yang ditampilkan dalam debat Pilpres 2019. Bagi penulis yang beruntung, mendapatkan Rp1.000.000,- sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Syarat dan ketentuan

    - Dibuka untuk umum

    - Tidak berlaku untuk karyawan dan keluarga besar Media Group

    - Tulisan berbentuk esai atau opini yang mewakili salah satu dari tema debat Pilpres 2019

    - Panjang tulisan minimal 5.000 – 5.500 (dengan spasi) atau sekitar 700 kata, disertai dengan sub judul di masing-masing pembahasan

    - Naskah dikirim berupa lampiran (bukan tubuh email) ke kolom@medcom.id dengan subyek: Panggung Gagasan 2019

    - Pengiriman naskah dilengkapi dengan atribusi penulis, pindaian identitas resmi (copy KTP/SIM/Paspor), nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor rekening Bank Mandiri

    - Honorarium untuk penulis yang lolos unggah dibagi menjadi dua bagian. Pertama, honor pokok sebesar Rp500.000,- dibayar paling lambat 2 pekan setelah pemuatan. Kedua, Rp500.000,- setelah tulisan tersebut berhasil mencapai 3.000 pembaca di minggu pertama setelah pemuatan. Tidak berlaku di pekan-pekan selanjutnya

    - Penulis wajib menyebar ulang tautan (bukan salinan) naskah yang dimuat di media sosial dan aplikasi grup obrolan

    - Pemilihan dan pemuatan naskah menjadi hak penuh tim redaksi

    - Redaksi memiliki hak secara penuh untuk menolak, menggugurkan, menunda, atau mengedit (tanpa mengurangi substansi) naskah yang diunggah

    Menjaring kolumnis baru

    Bukan sekadar kompetisi, Panggung Gagasan 2019 merupakan bagian dari ikhtiar Medcom.id untuk meningkatkan budaya literasi dan keberaksaraan masyarakat pembaca.

    Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar mengatakan, kanal Kolom sejak mulanya memang bertujuan menjadi media untuk merawat tradisi literasi melalui tulisan. Sekaligus, menjawab kekhawatiran sebagian masyarakat atas adanya ancaman pendangkalan berpikir dalam budaya intelektual publik.

    "Sementara melalui undangan menulis dalam debat Pilpres 2019 ini, kami ingin adanya kesinambungan dengan melahirkan penulis-penulis baru dengan ide-ide yang tetap bernas, segar, kreatif, dan solutif," kata Kohar, di Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

    Kohar menambahkan, undangan menulis ini juga merupakan dukungan agar informasi terkait pesta demokrasi dan segala prosesnya bisa tersalurkan dengan baik ke tengah khalayak.

    "Sampai batas ini, biasanya media cuma mampu menyampaikan apa yang disuguhkan narasumber utama (para kontestan debat, red), dan masih memiliki keterbatasan untuk menyerap gagasan masyarakat secara langsung untuk turut ambil bagian dalam keriuhan debat dan urun rembuk gagasan demi masa depan bangsa dan negara," kata dia.

    Medcom.id berusaha menjadikan momentum penting debat Pilpres 2019 untuk membangun tradisi kesalingan. Melalui kanal Kolom, masyarakat luas diharap turut serta dalam keriuhan melalui sumbangan gagasan sesuai tema-tema debat. Yakni, tema hukum, HAM, pemberantasan korupsi, terorisme, energi dan pangan, SDA, lingkungan hidup, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, budaya, ideologi, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, ekonomi, keuangan dan investasi, serta industri.






    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id