Vaksin Covid-19 Bakal Langsung Dijemput Pakai Pesawat

    Nur Azizah - 26 November 2020 21:20 WIB
    Vaksin Covid-19 Bakal Langsung Dijemput Pakai Pesawat
    Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumentasi Medcom
    Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan vaksin covid-19 bakal dijemput langsung menggunakan pesawat. Dia tak mau vaksin berlama-lama di perjalanan.

    "Vaksin dijemput langsung oleh pesawat agar lebih cepat datang ke negara kita," kata Jokowi dalam wawancara khusus bersama Metro TV, Jakarta, Kamis, 26 November 2020.

    Jokowi berusaha vaksin covid-19 tiba pada tahun ini. Menurut dia, mendatangkan vaksin dari luar negeri tidak seperti barang ekspor lainnya.

    "Proses mendapatkan vaksin harus ada izin impor dan ekspor dari negara yang kita membeli. Proses itu yang harus dilalui, itu tidak seperti komoditas biasa yang sangat gampang," ujar Jokowi.

    Baca: Jokowi: 107 Juta Penduduk Indonesia Bakal Divaksinasi

    Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunggu data-data klinis dari pabrik pembuat vaksin. Data ini akan diproses untuk mengeluarkan izin penggunaan vaksin atau Use Emergency Authorization (UAE).

    Bila data klinis terlambat diberikan, BPOM akan semakin lama mengeluarkan UAE. Jokowi berharap proses transfer data dan administrasi segera beres.

    "Kalau data-data klinis yang diberikan pabrik pembuat vaksin kepada BPOM bisa kita dapatkan dalam minggu ini misalnya maka bisa langsung mengerjakan dalam waktu yang cepat mengeluarkan UAE," kata Jokowi.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id