Indonesia Bakal Pakai Vaksin Covid-19 yang Terdaftar di WHO

    Nur Azizah - 18 November 2020 10:07 WIB
    Indonesia Bakal Pakai Vaksin Covid-19 yang Terdaftar di WHO
    Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan Indonesia bakal memakai vaksin covid-19 yang terdaftar di organisasi kesehatan dunia (WHO). Namun, dia tak menyebut merek atau asal negara vaksin yang dimaksud.

    "Saya sampaikan bahwa kita akan membeli vaksin itu dari perusahaan, merek yang ada di dalam daftar WHO. Saya enggak berbicara mereknya apa, asal sudah ada di dalam list WHO itu yang akan kita berikan," kata Jokowi di Puskesmas Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 18 November 2020.

    Kepala Negara memastikan vaksin yang akan diberikan memiliki keefektifan melemahkan virus. Dia juga menjamin vaksin yang bakal disuntikkan ke masyarakat aman.

    "Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi," kata Jokowi.

    Indonesia berpeluang membeli vaksin covid-19 dari Moderna, perusahaan asal Amerika Serikat. Dalam hasil uji klinis tahap tiga, vaksin ini diklaim mampu melumpuhkan virus hingga 94,5 persen.

    Baca: Vaksinasi Ditargetkan Paling Lambat Awal 2021

    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah membuka kerja sama dengan siapa pun yang lebih dulu menemukan vaksin. Namun, penggunaan vaksin harus seizin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    Vaksin covid-19 dari Moderna telah dibidik beberapa negara, seperti Inggris dan Uni Eropa. Namun, belum dipastikan kapan negara tersebut akan menerima suplai vaksin Moderna.

    Selain Moderna, vaksin covid-19 dari perusahaan Pfizer, Jerman, juga diklaim berhasil mencegah infeksi virus. Saat ini, Pfizer masih melangsungkan uji klinis tahap tiga sama dengan vaksin covid-19 Sinovac dan AstraZeneca.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id