TNI Dinilai Responsif Tindak Anggota Pembakar Rumdin Dinkes di Papua

    Media Indonesia - 14 November 2020 05:31 WIB
    TNI Dinilai Responsif Tindak Anggota Pembakar Rumdin Dinkes di Papua
    Anggota Komisi I DPR Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Anggota Komisi I DPR Willy Aditya menilai TNI Angkatan Darat responsif dalam menangani anggotanya yang terlibat dalam kasus pembakaran rumah dinas kesehatan di Intan Jaya, Papua. Sebanyak 8 prajurit TNI telah ditetapkan sebagai tersangka.

    Politikus Partai NasDem mengapresiasi langkah yang diambil TNI. Hal ini menjadi catatan positif bagi masyarakat berkenaan penanganan kasus yang menjadi perhatian publik.

    "Keterbukaan seperti ini menjadi harapan publik apalagi yang berkaitan dengan kasus-kasus melibatkan masyarakat sipil," jelas Willy saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 13 November 2020.

    Respons cepat itu membuktikan institusi tersebut terbuka terhadap suara dan masukan publik. Hal ini menunjukkan TNI terus berusaha mereformasi kelembagaannya.

    "Kita berharap akan makin banyak keterbukaan TNI dalam penanganan kasus kedepannya agar masyarakat juga makin merasa dekat dan mendukung kerja-kerja TNI lainnya," papar Willy.

    Baca: Mahfud MD Apresiasi Penetapan 8 Anggota TNI AD Tersangka Pembakar Rumah Dinkes

    Sebelumnya, TNI Angkatan Darat menetapkan 8 prajuritnya sebagai tersangka terkait pembakaran rumah dinas kesehatan di Intan Jaya, Papua. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengapresiasi ketegasan pimpinan TNI.

    Mahfud mengatakan penetapan tersangka berdasarkan hasil kerja tim gabungan pencari fakta (TGPF) yang dibentuk Kemenko Polhukam dan tim invetigasi Komnas HAM. Kasus pembakaran itu siap dibawa ke pengadilan.

    Dia memastikan pelaku lain dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) bakal dibawa ke pengadilan secara bertahap. Mereka dipastikan terlibat setelah kecocokan fakta laporan TGPF dan temuan Komnas HAM.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id