Kongres Luar Biasa Demokrat Dianggap Sebagai Jalan Keluar

    M Sholahadhin Azhar - 01 Maret 2021 20:20 WIB
    Kongres Luar Biasa Demokrat Dianggap Sebagai Jalan Keluar
    Politikus Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun/Antara/Jason.



    Jakarta: Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dianggap sebagai jalan keluar. Politikus Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun menyebut partainya masih berada di bawah cengkeraman dinasti keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

    Menurut dia, KLB Partai Demokrat dapat mengembalikan muruah partai sesuai nama. Demokrat seharusnya lebih demokratis dan tak terkungkung oligarki politik dinasti.






    "Sekali lagi, Partai Demokrat bukan partai dinasti oligarki yang mengarah kepada dinasti," ujar Jhoni dalam keterangan resmi di video, Senin, 1 Maret 2021.

    Menurut dia, stigma Demokrat sebagai partai dinasti telah tertanam sejak KLB di Bali pada 2013. Saat itu, SBY menjadi Ketua Umum Demokrat dan anak kadungnya Edhie Baskoro menjabat Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

    "Ini baru pertama kali di Indonesia bahkan di dunia," ujar Jhoni.

    Baca: Partai Demokrat Diklaim Baik-baik Saja

    Melalui praktik tersebut, SBY dinilai mengingkari pembentukan Partai Demokrat. Menurut Jhoni, partai dibentuk melalui gotong royong dari pendiri di seluruh provinsi. Mereka berjuang meloloskan Partai Demokrat menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) 2004.

    "Demi Tuhan saya bersaksi bahwa SBY tidak berkeringat sama sekali apalagi berdarah-darah (mendirikan partai)," kata dia.

    Menurut Jhoni, SBY bergabung dengan partai setelah dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). SBY juga bergabung dengan memasukkan nama istrinya, Ani Yudhoyono sebagai salah satu wakil ketua umum. 

    "Pak SBY setelah mundur dari kabinet ibu Megawati baru muncul pada acara PD di Hotel Kinasih di Bogor, saat itu saya ketua panitianya. Ini menegaskan SBY bukanlah pendiri Partai Demokrat," kata Jhoni.

    Di sisi lain, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengeklaim kondisi partainya baik-baik saja. Demokrat tidak akan menggelar KLB.
     
    "Partai Demokrat alhamdulillah solid di bawah Ketua Umum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)," kata Herzaky melalui keterangan tertulis, Senin, 1 Maret 2021.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id