KLHK Putuskan Hubungan dengan WWF Indonesia

    Media Indonesia - 31 Januari 2020 09:21 WIB
    KLHK Putuskan Hubungan dengan WWF Indonesia
    Ilustrasi. Foto: MI/Rudy Kurniawansyah
    Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan World Wild Fund for Nature (WWF) Indonesia. Lembaga konservasi independen itu dinilai tidak cukup cakap dalam melaksanakan tugas sehingga target yang ditetapkan bersama pemerintah tidak terwujud.

    Dirjen Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno menyebut WWF Indonesia gagal dalam mengantisipasi dan menangani kebakaran di beberapa titik lahan yang menjadi tanggung jawab organisasi tersebut dan PT ABT selaku pemilik konsesi. 

    Lahan yang dimaksud merupakan area konsesi restorasi ekosistem yang berperan sebagai zona penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Jambi. Luas lahan itu mencapai 400 ribu hektare dan menjadi habitat harimau dan gajah sumatra yang terancam punah.

    Selain itu, pemerintah juga menemukan ada pelanggaran prinsip kerja sama dan pelanggaran kerja lapangan serta melakukan klaim sepihak yang tidak sesuai fakta di lapangan. 

    "Serangkaian kampanye media sosial dan publikasi laporan tidak sesuai fakta yang dilakukan oleh manajemen Yayasan WWF Indonesia," tuturnya.

    Terkait dengan keputusan KLHK tersebut, juru bicara Yayasan WWF Indonesia Kuntoro Mangkusubroto menyatakan sikap lembaganya akan tetap terus beroperasi di Indonesia melanjutkan kiprah dan kontribusinya pada pelestarian sumber daya alam hayati dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

    "Sebagai lembaga independen berbadan hukum Indonesia yang menjadi bagian dari kelompok masyarakat madani, Yayasan WWF Indonesia berhak melakukan kegiatannya di Indonesia berdasarkan ketentuan hukum dan perundangan yang berlaku," kata Kuntoro.



    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id