Jokowi Main Simbol Jelang Pengumuman Menteri

    Yogi Bayu Aji - 17 Oktober 2019 09:21 WIB
    Jokowi Main Simbol Jelang Pengumuman Menteri
    Presiden Joko Widodo dalam pelantikan anggota DPR dan DPD masa jabatan 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Gambar gagang telepon hitam yang tergantung, dibagikan Presiden Joko Widodo di akun resmi Instragram @jokowi. Gambar tersebut tampak mencolok karena berlatar putih dan sepenggal kalimat, 'Sabar! sebentar lagi...'. 

    Di bawah gambar, Jokowi memberi penjelasan bahwa pengumuman jajaran menteri tak akan lama lagi. Masyarakat diminta bersabar menunggu susunan kabinet menteri periode 2019-2024.

    Postingan Jokowi ini seperti menjawab banyaknya bocoran-bocoran soal jajaran pembantunya di periode kedua. "Saya telah menerima beberapa versi 'bocoran' nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran," kata Jokowi dalam akun Instagram @jokowi, Kamis, 17 Oktober 2019. 

    Jokowi mengaku susunan kabinet untuk pemerintahan mendatang sudah rampung. Dia akan mengumumkan pengisi Kabinet Kerja jilid II segera setelah pelantikannya Minggu, 20 Oktober 2019. 

    "Bisa di hari yang sama, atau setelahnya," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

    Di sisi lain, dia memastikan Indonesia tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga. Jokowi yakin sosok-sosok ini bersedia untuk mengabdi kepada bangsa.

    "Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," ungkap Jokowi.

    Jokowi sempat menyebut komposisi Kabinet Kerja jilid II banyak diisi muka baru. Kendati begitu, beberapa menteri pada periode pertama dipertahankan.
     
    "Yang lama ada. Yang baru banyak," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
     
    Jokowi belum mau buka-bukaan siapa saja yang akan mengisi kursi menteri periode 2019-2024. Soal persentase berapa muka baru dan muka lama, Jokowi belum menghitungnya.
     
    Terkait nomenklatur kementerian, Jokowi mengaku juga sudah rampung disusun. Jokowi menyebut bakal ada nomenklatur baru dalam Kabinet Kerja selanjutnya.
     
    Jauh-jauh hari, Jokowi sudah bertekad membentuk kabinet efektif serta responsif terhadap tantangan perubahan global. Salah satu bentuknya, kabinet lebih banyak merangkul kaum muda.
     
    "Usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id, Senin, 1 Juli 2019.

    View this post on Instagram

    Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran ???? Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya. Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini. Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka.

    A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

     




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id