comscore

Reformasi Birokrasi Membutuhkan Transformasi Sosial

Theofilus Ifan Sucipto - 11 November 2021 16:45 WIB
Reformasi Birokrasi Membutuhkan Transformasi Sosial
PNS Badan Kepegawaian Daerah. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Pakar administrasi publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo menyoroti sejumlah masalah mendasar dalam reformasi birokrasi. Salah satunya terkait transformasi sosial.

“Pertama, (masalah) budaya yang tidak serta merta tumbuh dalam birokrasi, tetapi faktor resiprokal di masyarakat,” kata Eko dalam diskusi virtual, Kamis, 11 November 2021.

 



Menurut dia, kondisi masyarakat selalu menentukan kualitas birokrasi. Alhasil, perbaikan birokrasi berhubungan erat dengan transformasi sosial.

Eko mencontohkan adanya budaya keluarga besar di Indonesia yang terbentuk sejak dulu. Kekerabatan itu cenderung menimbulkan nepotisme dan kolusi.

“Budaya korupsi juga tumbuh di masyarakat,” papar dia.

Budaya primordialisme juga menjadi masalah. Sebagian daerah menentukan posisi strategis, seperti sekretaris daerah, kepala badan kepegawaian daerah, hingga kepala dinas berdasarkan suku dan klan tertentu.

Baca: 18 Tersangka Jual Beli Jabatan Probolinggo Dibawa ke Surabaya

“Di kota besar mungkin sudah berdasarkan profesionalisme, tetapi di timur Indonesia atau barat seperti Sumatra dan Kalimantan masih banyak,” tutur dia.

Masalah kedua, yakni intervensi politik yang sangat tinggi dalam birokrasi. Misalnya pengisian jabatan yang dibumbui praktik jual beli.

“Bupati-wali kota masih tertangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Artinya, diawasi saja praktik jual beli jabatan (masih) eksis, bagaimana bila tidak diawasi?” ucap Eko.

Perkara ketiga ialah sistem birokrasi itu sendiri. Sistem di Indonesia perlu diubah dengan pendekatan teknologi dan meritokrasi.

Eko menuturkan masalah keempat, yakni individu. Kerap kali sosok dengan peran penting atau latar belakang yang moncer bisa memengaruhi seluruh sistem birokrasi.

“Kalau sistemnya bagus, faktor individunya akan berkurang,” jelas dia.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id