comscore

DPR Minta Sistem Pengamanan Kilang-kilang Pertamina Diaudit

Anggi Tondi Martaon - 15 November 2021 13:03 WIB
DPR Minta Sistem Pengamanan Kilang-kilang Pertamina Diaudit
Kepulan asap dari Kilang Minyak Pertamina yang terbakar. Foto: MI/Liliek Dharmawan
Jakarta: DPR meminta pengamanan kilang minyak PT Pertamina (Persero) diaudit. Hal itu penting lantaran kilang minyak sering terbakar.

“Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya agar bisa segera diatasi,” kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Senin, 15 November 2021.
Kilang minyak milik Pertamina sudah terbakar tiga kali selama 2021. Rinciannya, kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Maret 2021; pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pada 11 Juni 2021; dan terakhir kilang minyak Cilacap Pertamina kembali terjadi pada 13 November 2021.

Puan berharap ada investigasi menyeluruh terhadap pengamanan kilang minyak milik Pertamina. Sehingga, potensi kebakaran bisa diminimalisasi.

Sejumlah pihak menilai Pertamina abai terhadap pengamanan kilang. Dia meminta komitmen Pertamina memperbaiki sistem keamanan kilang minyak agar tidak memperburuk kinerja perusahaan pelat merah itu.

“Pertamina harus bisa memberi penjelasan kepada masyarakat mengapa sering sekali terjadi kebakaran di kilang minyak miliknya. Sebab hal ini telah menimbulkan kegelisahan publik dan berbagai spekulasi,” ungkap dia.

Baca:  Terjadi Berulang, Pertamina Dianggap Abai Keamanan Kilang

Puan bersyukur tidak ada korban jiwa dari kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap kemarin. Ia menegaskan Pertamina harus memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat di sekitar kilang, termasuk para pekerjanya.

“Sistem pengamanan Pertamina harus memprioritaskan keselamatan pekerja di lingkungan kilang dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Pastikan manajemen risiko dilakukan sebaik-baiknya,” sebut Puan.

Di sisi lain, mantan Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan mengimbau masyarakat tidak khawatir akan terjadi kelangkaan BBM. Sehingga terjadi panic buying atas kebakaran kilang minyak di Cilacap.

“Pertamina sudah memastikan pasokan BBM dan LPG tetap aman. Masyarakat tidak perlu panik karena pemerintah pun pasti akan mengantisipasi segala dampak yang terjadi akibat kebakaran,” ujar dia.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id