Pemerintah Siapkan Regulasi Peniadaan Mudik Lebaran 2020

    Nur Azizah - 30 Maret 2020 13:49 WIB
    Pemerintah Siapkan Regulasi Peniadaan Mudik Lebaran 2020
    Mudik Ilustrasi. Antara/Didik Suhartono
    Jakarta: Pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Presiden (Inpres) mengatur mudik lebaran tahun ini. Dua regulasi ini dirancang sekaligus guna pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).

    "Presiden Joko Widodo menegaskan keselamatan rakyat merupakan hal utama yang diupayakan pemerintah di tengah pandemi covid-19. Artinya, keselamatan rakyat ialah hukum tertinggi," kata juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020.

    Sembari menunggu Inpres dan Perpres terbit, pemerintah meminta masyarakat mengurangi pergerakan antardaerah. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona. 

    "Bagi masyarakat yang telanjur mudik agar meningkatkan pengawasan, meningkatkan protokol kesehatan, tetapi tidak melakukan screening secara berlebihan," kata Fadjroel.

    Baca: Jokowi Instruksikan Pemda Mengawasi Pemudik

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut mudik berisiko besar dalam penyebaran virus covid-19. Butuh tindakan tegas agar warga tidak memaksa kembali ke kampung halaman.

    "Demi keselamatan bersama, saya juga minta dilakukan langkah-langkah yang lebih tegas untuk mencegah terjadinya pergerakan orang ke daerah," kaya Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi mudik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 30 Maret 2020.

    Pada 2019, pemudik mencapai 19,5 juta orang di seluruh wilayah Indonesia. Penyebaran virus korona diprediksi meningkat pesat bila mudik tetap ada.

    Sejumlah pekerja informal justru memilih kembali ke kampung halaman usai Jakarta menetapkan darurat korona. Mereka menyebar ke Jawa Barat hingga ke Jawa Timur.

    "Fokus kita mencegah meluasnya covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain. Imbauan dari tokoh-tokoh dan gubernur, agar perantau di Jabodetabek untuk tidak mudik saya minta diteruskan dan digencarkan lagi," kata Jokowi.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id