Pembahasan RUU Cipta Lapangan Kerja Dijamin Terbuka

    Nur Azizah - 01 Februari 2020 18:25 WIB
    Pembahasan RUU Cipta Lapangan Kerja Dijamin Terbuka
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena menjamin Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dibahas secara terbuka. Dia pun membuka pintu kalangan buruh ikut berdiskusi.

    "DPR akan selalu terbuka. Jadi, kita akan mengajak semua pihak, teman-teman buruh silakan (datang)" kata Melki dalam diskusi di Kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Februari 2020.

    Dia pun berharap buruh tak turun ke jalan, melainkan ikut duduk dan berdiskusi di Parlemen. Selain buruh, Melki juga berencana melibatkan pekerja informal. 

    Politikus Partai Golkar ini optimistis bisa menyelesaikan RUU Cipta lapangan Kerja dalam 100 hari. Tenggat ini merupakan target dari Presiden Joko Widodo.

    Melki percaya diri pembahasan kelar kurang dari 100 hari bila semua pemangku kepentingan kompak menyelesaikan produk hukum ini. Nantinya, dia akan mengkategorikan klausul-klausul untuk mempercepat pembahasan.

    "Kami bisa membuat kategori pembahasan maupun poin-poin yang penting. Saya kira itu akan lebih cepat sejauh mana punya niat baik kalau semua pihak bisa bersama-sama," ungkapnya.

    RUU Cipta Lapangan Kerja terdiri atas 11 klaster, yakni penyederhanaan perizinan, persyaratan investasi, ketenagakerjaan, kemudahan pemberdayaan dan perlindungan UMKM, kemudahan berusaha, dukungan riset dan inovasi, administrasi pemerintahan, pengenaan sanksi, pengadaan lahan, investasi dan proyek pemerintah, serta kawasan ekonomi.

    Isu besar omnibus law Cipta Lapangan Kerja ini ada di klaster pertama yaitu penyederhaan perizinan berusaha. Klaster ini terbagi atas 18 sub klaster, yakni lokasi; lingkungan; bangunan gedung; sektor pertanian; kehutanan; kelautan dan perikanan; ESDM; ketenaganukliran; perindustrian; dan perdagangan. 

    Sub klaster lainnya yakni sektor kesehatan obat dan makanan; pariwisata; pendidikan; keagamaan; perhubungan; PUPR; pos dan telekomunikasi, serta pertahanan dan keamanan.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id