RS BUMN Siapkan Fasilitas Maksimal Penanganan Korona

    Fachri Audhia Hafiez - 04 Februari 2020 13:21 WIB
    RS BUMN Siapkan Fasilitas Maksimal Penanganan Korona
    Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan penyediaan fasilitas penanganan virus korona di RS BUMN seluruh Indonesia. Erick meminta fasilitas terbaik. 

    "Juga mendorong RS BUMN menyediakan alat pelindung diri (APD) dan fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit yang mengarah gejala infeksi Novel Coronavirus," kata Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat, dalam acara 'Sosialisasi Kesiapsiagaan Rumah Sakit BUMN Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV)' di Gedung Graha Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.

    Fathema menuturkan APD yang disiapkan yakni gown biohazard/apron long sleeves, head cap disposable, masker n95, safety goggle, sarung tangan, dan sepatu boot. Serta ruang isolasi yang memiliki tekanan negatif. 

    RS BUMN Siapkan Fasilitas Maksimal Penanganan Korona
    WNI dari Wuhan tiba di Batam. Foto: ANT/DOK Kemenlu 

    "RS BUMN yang tersebar di seluruh pelosok, nantinya akan melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan dari tingkat daerah hingga pusat. Selain itu juga melakukan koordinasi mengenai RS yang menjadi rujukan secara nasional," ujar dia.

    Fathema mengatakan upaya itu harus didukung dengan sosialisasi yang menyeluruh kepada masyarakat. Hal ini guna mencegah maraknya hoaks terkait penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok, tersebut.

    "Penyebaran virus ini begitu cepat, kami mengambil langkah dengan tetap berhati-hati dan selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang ada," kata Fathema.





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id