Kebijakan Lockdown Dinilai Belum Mendesak

    Fachri Audhia Hafiez - 15 Maret 2020 13:13 WIB
    Kebijakan <i>Lockdown</i> Dinilai Belum Mendesak
    DDiskusi Cross Check Medcom.id bertajuk Jangan Ada Rahasia di Antara Korona. Medcom.id/Fachri Audhia
    Jakarta: Anggota Komisi I Bobby Adhityo Rizaldi menilai, menerapkan menutup akses Indonesia (lockdown) untuk menekan penyebaran virus korona (covid-19) belum mendesak. Dia meyakini pemerintah Indonesia mampu menangani kejadian luar biasa yang sudah menjadi pandemik di dunia ini.

    "Saya pribadi dalam situasi saat ini masih sangat jauh. Kasus yang sudah memang ada semoga tidak menjadi tambah besar lagi," kata Bobby dalam diskusi Cross Check Medcom.id bertajuk 'Jangan Ada Rahasia di Antara Korona' di Upnormal Coffee and Roasters Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 15 Maret 2020.

    Beberapa negara tidak mengeluarkan kebijakan lockdown, namun mampu menangani penyebaran covid-19. Misalnya, Taiwan dan Korea Selatan.

    Baca: Jokowi Belum Berniat Lockdown Indonesia

    Berkaca pada kedua negara tersebut, Indonesia diyakininya mampu menyelamatkan masyarakat dari virus yang terdeteksi pertama di Wuhan, Tiongkok, tersebut. Bobby menyebut masih banyak pertimbang-pertimbangan yang harus jadi perhatian.

    "Jadi, situasi untuk mencapai darurat nasional itu masih banyak variabelnya, saat ini (lockdown) sangat-sangat tidak perlu," ujar Bobby.

    Lockdown akan berdampak pada beberapa sektor seperti perekonomian, komunikasi, dan perdagangan. Masyarakat saat ini hanya harus memercayai langkah yang diambil pemerintah. Karena, satu kebijakan belum tentu mujarab untuk semua negara.

    "Kalau saya sifatnya pribadi, kalau dibilang pemerintah enggak terbuka, memang ada data lain yang telah menghitung di seluruh Indonesia suspect berapa?" ujar politisi Partai Golkar ini.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id