Pemda Harus Rampungkan Realokasi APBD Sebelum Ajukan PSBB

    Nur Azizah - 09 April 2020 14:15 WIB
    Pemda Harus Rampungkan Realokasi APBD Sebelum Ajukan PSBB
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah pusat menerapkan banyak syarat kepada pemerintah daerah (pemda) yang akan mengajukan izin status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Salah satunya, pemda harus menyelesaikan laporan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

    "Daerah harus menghitung anggaran karena sudah ada instruksi untuk realokasi terhadap tiga kegiatan utama," kata pelaksana tugas Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 9 April 2020.

    Tiga kegiatan utama tersebut ialah pemenuhan alat kesehatan, menghidupkan industri yang mendukung kegiatan PSBB, dan memenuhi layanan dasar masyarakat melalui bantuan sosial.

    "Ini sudah diinstruksikan Menteri Dalam Negeri (Tito Karnavian). Ini harus dinyatakan dalam komitmen anggaran yang sudah diwujudkan dalam perubahan lokasi," ungkapnya.

    Pemda juga harus menyiapkan anggaran terkait program jaringan pengaman sosial. Target penerima harus sudah jelas dan teridentifikasi.

    "Di samping itu, harus menghitung keamanan. Karenanya, sebelum diterapkan dapat dikoordinasikan dengan aparat penegak hukum. Ini syarat-syarat yang diajukan untuk memperoleh status PSBB," terang Safrizal.

    Baca: Pemprov Jabar Ajukan Penerapan PSBB di 5 Wilayah

    Kepala daerah baru bisa mengajukan PSBB ke Kementerian Kesehatan bila semua syarat terpenuhi. Kementerian Kesehatan akan berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 untuk menilai daerah tersebut layak atau tidak menetapkan PSBB.

    "Dalam Pasal 8 Permenkes Nomor 9 (Tahun 2020) tentang PSBB, paling lama dua hari setelah persyaratan yang diajukan serta kondisi yang diajukan sudah memenuhi syarat, maka akan ditetapkan. Namun, jika prasyarat dan kondisi yang dipersyaratkan masih mendapat kekurangan, maka Menteri Kesehatan dapat mengembalikan untuk diperbaiki data-datanya," jelas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id