comscore

Parpol Diharapkan Taruh Caleg Perempuan di Nomor Urut 1

Antara - 04 Mei 2022 23:52 WIB
Parpol Diharapkan Taruh Caleg Perempuan di Nomor Urut 1
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. MI
Jakarta: Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berharap seluruh pimpinan partai politik (parpol) dapat menempatkan calon legislatif (caleg) perempuan di nomor urut satu. Hal ini demi mewujudkan keterwakilan perempuan di dunia politik.

"Semoga pimpinan partai menempatkan lebih banyak caleg perempuan di nomor urut satu," kata Titi dalam acara bincang santai "Titi Anggraini: Cobaan Banyak, Keberuntungan Banyak!" dalam kanal YouTube MAARIF Institute, seperti dipantau di Jakarta, Rabu, 4 Mei 2022.
Dia mengatakan penempatan caleg perempuan di nomor urut satu dapat meningkatkan kesempatan bagi para srikandi politik terpilih sebagai legislator, khususnya di Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Sejauh ini, kata dia, fakta di lapangan menunjukkan 80 persen caleg terpilih di Indonesia merupakan calon yang berad di nomor urut satu dan dua. Kemudian, 64 persen yang terpilih sebagai anggota DPR merupakan caleg di nomor urut satu.

Apabila partai politik memiliki komitmen untuk mendorong lebih banyak perempuan terpilih sebagai anggota legislatif, terang dia, parpol harus menempatkan caleg perempuan di nomor urut satu. "Jadi, peluang keterpilihan perempuan menjadi lebih besar," kata dia.

Baca: Dukungan Anggaran Pemilu Diharapkan Tepat Waktu

Dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia, menurut dia, masih sedikit caleg perempuan yang ditempatkan di nomor urut satu. Sebagian besar caleg perempuan ditempatkan di nomor urut tiga.

"Paling banyak ditempatkan di nomor urut tiga karena ada semi zipper (zipper system), yaitu setiap tiga calon harus ada satu perempuan," ujar Titi.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id