comscore

Pemerintah Diminta Memerinci Pelonggaran Penggunaan Masker

Kautsar Widya Prabowo - 18 Mei 2022 11:57 WIB
Pemerintah Diminta Memerinci Pelonggaran Penggunaan Masker
ilustrasi masker/Medcom.id.
Jakarta: Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman, meminta pemerintah memerinci pelonggaran penggunaan masker di ruangan terbuka. Sehingga, masyarakat tidak bingung di tengah pandemi covid-19.

"Yang namanya komunikasi risiko itu harus memberikan informasi yang memadai ke publik. Sehingga publik bisa menilai dalam kondisi aman atau saya pakai masker," ujar Dicky kepada Medcom.id, Rabu, 18 Mei 2022.
Dicky menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pelonggaran penggunaan masker belum jelas. Menteri terkait diminta menindaklanjuti hal itu.

"Sekarang para menteri, dirjen, kepala dinas ini, harus berikan penjelasan karena betul ini ada kelompok rawan menularakan, sehingga kita harus pakai masker ya," kata dia.

Baca: Presiden Melonggarkan Kebijakan Pemakaian Masker

Selain itu, Dicky menekankan sesorang yang telah disuntik booster masih berpotensi menjadi kelompok rawan. Terlebih, apabila yang mereka tidak sadar tengah terinfeksi covid-19.

"Sehingga, masker ini adalah salah satu perilaku yang selain mudah murah efektif dalam mencegah penularan yabg ditularan lewat udara seperti covid-19, dan apalagi dikombinasikan dengan cakupan vaksinasi," kata Dicky.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id