comscore

Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Asal-usul Nusantara

Sri Yanti Nainggolan - 17 Januari 2022 15:30 WIB
Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Asal-usul Nusantara
Desain istana negara di Kalimantan Timur/Instagram/Nyoman Nuarta
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih nama Nusantara sebagai ibu kota negara (IKN). Nama itu telah ditentukan sejak lama. 
 
"Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu (14 Januari), dan beliau mengatakaan ibu kota negara ini 'Nusantara'," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), di Gedung DPR, Senin, 17 Januari 2022.

Nama Nusantara dipilih karena telah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik domestik maupun global, sehingga menjadi ikon bagi Indonesia. Nama itu juga dianggap mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia.
"Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," tutur Suharso. 

Baca: Pansus Upayakan Proyek IKN Tidak Mangkrak

Arti Nusantara

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Nusantara berarti sebutan (nama) bagi seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Nusantara berasal dari Bahasa Kawi yang terdiri dari dua kata, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti luar. 

Kata Nusantara tercatat pertama kali dalam kitab Negarakertagama untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Kerajaan Majapahit. Saat itu, Majapahit menguasai sebagian besar Asia Tenggara, terutama pada wilayah kepulauan.

Menurut Journal of the American Oriental Society (1951), Ki Hajar Dewantara kembali menghidupkan istilah Nusantara. Nama itu merujuk pada salah satu nama alternatif untuk negara merdeka pelanjut Hindia Belanda.

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id