comscore

Warga Intan Jaya Audiensi ke Komisi VII, Bahas Blok Wabu

MetroTV - 28 Maret 2022 18:13 WIB
Warga Intan Jaya Audiensi ke Komisi VII, Bahas Blok Wabu
Masyarakat berharap penambangan blok tersebut segera dihentikan pemerintah.
Jakarta: Tim Advokasi Hak Masyarakat Adat Intan Jaya Papua audiensi dengan Komisi VII DPR. Audiensi yang membahas sejumlah persoalan ini digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Senin, 28 Maret 2022, siang.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi. “Bambang Haryadi menyatakan kegiatan pertambangan seharusnya tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar dan melibatkan masyarakat,” kata presenter Metro TV Eva Wondo dalam tayangan Metro Hari Ini di Metro TV, Senin, 28 Maret 2022.
Bambang menekankan eksploitasi emas di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua, yang merugikan masyarakat justru dan berpotensi melanggar hak asasi manusia (HAM). Sementara itu, tokoh masyarakat Intan Jaya menolak pertambangan di Blok Wabu.

Masyarakat berharap penambangan blok tersebut segera dihentikan pemerintah.

Sebelumnya, PT Aneka Tambang Tbk atau Antam bakal ditugaskan untuk mengelola Blok Wabu yang merupakan eks lahan tambang PT Freeport Indonesia (PTFI). Blok yang terletak di Kabupaten Intan Jaya, Papua, ini memiliki sumber daya emas mencapai 8,1 miliar ton.

Jumlah tersebut tentu menjadi masa depan Indonesia menggarap potensi emas di Tanah Air. Apalagi, Pemprov Papua telah meminta Holding Pertambangan MIND ID untuk mengelola potensi sumber daya yang ada di wilayah tersebut. (Hana Nushratu)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id