comscore

Wapres Instruksikan UIII Buka Program Studi Khusus

Kautsar Widya Prabowo - 02 Maret 2022 19:42 WIB
Wapres Instruksikan UIII Buka Program Studi Khusus
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginstruksikan jajarannya mengevaluasi pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Terutama, terhadap program studi yang akan dibuka.

"Saya minta Menteri Agama (Yaqut Cholil Qoumas) dan Rektor UIII bersama Menteri Dikbudristek (Nadiem Makarim) melakukan kajian kelayakan untuk pembukaan program studi yang secara khusus menjadi andalan UIII," ujar Ma'ruf saat memimpin Rapat Koordinasi Kemajuan Pembangunan UIII di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Rabu, 2 Maret 2022.
Saat ini, ada empat program studi yang telah dibentuk, yaitu studi Islam, Ilmu Politik, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Pendidikan. Dia menilai perlu perkembangan kurikulum agar UIII menjadi pusat peradaban Islam secara global.

Selain itu, pembangunan UIII harus didukung dari kesiapan aspek akademik. Baik persiapan perkuliahan, status dosen, serta penataan ulang proses seleksi mahasiswa.

"Terkait rencana dimulainya perkuliahan yang sesungguhnya, seperti memperjelas status dosen yang telah direkrut, menata kembali proses seleksi mahasiswa dengan mengikuti standar global, termasuk untuk membangun dan menerapkan learning management system," jelas dia.

Baca: Wapres Instruksikan UIII Dikelola dengan Standar Universitas Intenasional

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan UIII hanya diperuntukkan bagi mahasiswa program magister dan doktor. Jumlah mahasiswa kumulatif pada tahun ajaran 2021/2022, berjumlah 100 mahasiswa magister dan belum ada mahasiswa tingkat doktor.

“Namun pada tahun ajaran 2022/2023 jumlah mahasiswa magisternya diharapkan sudah meningkat menjadi 500 orang, dan jumlah mahasiswa doktor kumulatifnya sebanyak 200 orang, sehingga total menjadi 700 mahasiswa,” ungkap Yaqut.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id