Survei: Tanpa Jokowi, Dukungan Mengalir ke Ganjar Hingga Prabowo

    Anggi Tondi Martaon - 01 April 2021 20:56 WIB
    Survei: Tanpa Jokowi, Dukungan Mengalir ke Ganjar Hingga Prabowo
    Presiden Joko Widodo (Jokowi). MI/Ramdani



    Jakarta: Joko Widodo (Jokowi) tetap menjadi favorit dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan dukungan 15,2 persen. Jika nama Jokowi hilang dari daftar calon untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sejumlah nama diuntungkan.

    "Berpindah paling banyak ke Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo) sebesar 18,4 persen," tulis laporan hasil Survei SMRC bertemakan Kondisi Ekonomi dan Politik 1 Tahun Covid-19, Kamis, 1 April 2021.






    Dukungan Jokowi juga beralih ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Peralihan dukungan sebesar 15,2 persen.

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga menikmati 'manis gula' dukungan untuk Jokowi. Sebanyak 13,1 persen dukungan kepada Jokowi mengalir ke Kang Emil.

    Baca: Survei SMRC: Prabowo Terfavorit, Nama Megawati Muncul

    Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga kecipratan dukungan untuk Jokowi. Pendukung Jokowi bakal mengalihkan dukungan ke Ketua Umum (Ketum) Gerindra itu sebanyak 9,2 persen.

    Adapun peringkat lima besar survei SMRC jika nama Jokowi masuk dalam kandidat Pilpres 2024 berdasarkan, yaitu: Jokowi (15,2 persen), Prabowo Subianto (13,4 persen), Ganjar Pranowo (6,1 persen), Anies Baswedan (5,4 persen), dan Sandiaga Uno (3,1 persen).

    Jika nama Jokowi tidak masuk dalam bursa Pilpres 2024, elektabilitas Prabowo meningkat menjadi 20 persen. Disusul Anies (11,2 persen), Ganjar (8,8 persen), dan Sandiaga (5 persen).

    Survei dilakukan terhadap 1.220 responden pada 28 Februari-8 Maret 2021. Response rate atau responden yang dapat diwawancarai secara valid sebesar 87 persen. Margin of error survei sekitar 3,07 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id