comscore

Pentingnya Upaya Deteksi Dini dalam Pencegahan Kanker Payudara

Kautsar Widya Prabowo - 13 November 2021 19:07 WIB
Pentingnya Upaya Deteksi Dini dalam Pencegahan Kanker Payudara
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan kecepatan dan ketepatan menjadi kunci mencegah kanker payudara. Dia menyebut diperlukan upaya deteksi dini kanker payudara.

"(Deteksi dini) sangat diperlukan, baik lewat langkah Sadari maupun dengan pemeriksaan mammografi," ujar Lestari saat menghadiri acara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Mammografi, di Lobby Grand Studio Metro TV, Jakarta, Sabtu , di Lobby Grand Studio Metro TV, Jakarta, Sabtu, 13 November 2021.

 



Rerie menjelaskan tindakan cepat dan tepat dalam pengobatan kanker memperbesar peluang pasien sembuh. Saat ini, ujar Rerie, sekitar 70 persen pasien kanker datang ke dokter sudah pada stadium lanjut, sehingga peluang sembuh rendah.

Rerie berpesan pada penderita kanker payudara, umur milik Allah Subhanawataala, Tuhan Yang Maha Esa. Tugas pasien berikhtiar sebaik-baiknya lewat pengobatan medis yang dianjurkan dokter.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengimbau pemangku kepentingan di pusat dan daerah berkolaborasi menggalakkan upaya pencegahan kanker payudara. Terutama memberi pemahaman dan menghadirkan layanan deteksi dini kanker payudara di berbagai daerah.

"Dengan meluasnya layanan deteksi dini kanker payudara, berharap angka kematian akibat kanker payudara dapat ditekan," tutur dia.

BPJS Kesehatan mencatat kanker payudara merupakan kanker tertinggi pada 2020. Dengan angka kejadian 44 per 100.000 penduduk dengan angka kematian 15,3 per 100 penduduk.

Baca: Kasus Kanker Payudara di Indonesia, Masih Menjadi Nomor 1
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id