Presiden: Memenangkan Kompetisi Pilar Utama Menjaga Kedaulatan

    Andhika Prasetyo - 06 Desember 2021 11:31 WIB
    Presiden: Memenangkan Kompetisi Pilar Utama Menjaga Kedaulatan
    Presiden Joko Widodo dalam Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Senin, 6 Desember 2021. Foto: Istimewa



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut esensi menjaga kedaulatan sudah bergeser. Menjaga kedaulatan tidak bisa lagi hanya dimaknai sebagai kemampuan mengusir penjajah atau keberhasilan memagari negara dari pihak-pihak asing. 

    "Pilar utama dalam menjaga kedaulatan adalah memenangkan kompetisi. Kita harus memenangkan kompetisi di dalam negeri dan di luar negeri. Kita harus lebih unggul dari negara lain. Kita harus mampu mendahului negara lain dalam dunia yang semakin kompetitif ini," jelas Jokowi dalam Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Senin, 6 Desember 2021.

     



    Menurut dia, kedaulatan bukan berarti menutup diri. Negara bisa dinyatakan berdaulat jika mampu membuat terobosan dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.

    Untuk mencapai itu, kata Jokowi, bukan perkara mudah. Kerja keras harus dilakukan. Kedaulatan harus diperjuangkan dengan keberanian, terutama dalam berinovasi dan menemukan cara-cara baru.

    Kepala Negara mencontohkan untuk menyalip negara maju, Indonesia tidak mungkin menggunakan kereta atau rel yang sama seperti mereka. Tanah Air harus menemukan cara atau kendaraan baru yang lebih cepat

    Baca: Stafsus Presiden: Kepuasan Publik Pacu Pemerintah Bekerja Lebih Giat

    "Oleh karena itu, kita tidak cukup hanya naik kereta. Kita harus melompat. Kalau tidak melompat, ya jangan berharap kita bisa mendahului negara-negara lain yang sudah lebih maju dari kita," ucap Jokowi.

    Jokowi menekankan Indonesia harus berubah. Indonesia yang selama ini hanya berperan sebagai pengikut harus mulai tampil sebagai trendsetter.

    "Hilangkan watak follower," tegas Presiden.

    Penciptaan inovasi serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi harga mati. Meskipun dalam situasi pandemi covid-19, hal-hal tersebut harus dilakukan.

    "Justru Ini adalah peluang. Tatkala dunia berhenti sejenak, kita harus tetap maju bergerak," tegas Jokowi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id