Istana Serahkan Nasib FPI ke Mahfud dan Tito

    Damar Iradat - 29 November 2019 16:07 WIB
    Istana Serahkan Nasib FPI ke Mahfud dan Tito
    Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Wahyu Putro/Antara
    Jakarta: Istana Kepresidenan melempar bola panas ihwal perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI) ke Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Mahfud dan Tito akan mengurus teknis perpanjangan izin FPI.

    "Sedang diperiksa oleh Bapak Tito Karnavian. Jadi, ini karena mereka Menkopolhukam, Menteri Dalam Negeri adalah pembantu presiden, semua hal bersifat teknis akan diserahkan kepada mereka," ungkap juru bicara Presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 29 November 2019.

    Namun, Mahfud belum mau bicara banyak soal Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI. SKT belum diterbitkan karena ada masalah yang harus diselesaikan.

    "Ada permasalahan sehingga tidak bisa dikeluarkan sekarang, ya ditunggu saja," kata Mahfud di Universitas Trisakti, Jakarta.

    Menteri Agama Fachrul Razi sebelumnya merekomendasikan perpanjangan izin FPI. Rekomendasi itu telah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    Namun, Mendagri Tito Karnavian belum memutuskan memperpanjang izin FPI. Tito mempersoalkan visi misi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI.

    FPI menghendaki penerapan Islam secara kafah di bawah naungan khilafah Islamiah melalui pelaksanaan dakwah penegakan hisbah dan pengawalan jihad dalam AD/ART. Tito menilai diksi dan definisi tersebut masih perlu dikaji dan didalami.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id