NasDem Bakal Tindaklanjuti Keluh Kesah Nelayan

    Anggi Tondi Martaon - 26 Oktober 2021 16:20 WIB
    NasDem Bakal Tindaklanjuti Keluh Kesah Nelayan
    Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali (kanan) menerima perwakilan nelayan dari Jawa Timur/Medcom.id/Anggi Tondi



    Jakarta: Perwakilan nelayan dari Jawa Timur (Jatim) mengeluhkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2021. Fraksi NasDem berjanji menindaklanjuti keluh kesah nelayan.

    "Setelah masa sidang (reses) ini akan melakukan langkah-langkah untuk menyikapi ini (keluhan nelayan terhadap PP Nomor 85 Tahun 2021)," kata Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali usai menerima audiensi perwakilan nelayan dari Jatim di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 26 Oktober 2021.

     



    Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem itu menyebut langkah yang akan dilakukan, yaitu menggelar lokakarya membahas PP Nomor 85 Tahun 2021. Kegiatan tersebut akan melibatkan ahli, perwakilan nelayan, dan pemerintah.

    Dia menyampaikan kesimpulan lokakarya tersebut bakal menjadi acuan NasDem menyikapi PP Nomor 85 Tahun 2021. Fraksi NasDem tak segan menentang aturan turunan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

    Baca: Nelayan Kecil Menjerit, NasDem Desak Pemerintah Cabut PP Nomor 85 Tahun 2021

    "Ketika nanti dalam kesimpulan ditemukan bahwa ternyata itu tidak berpihak kepada rakyat maka otomatis kita akan tolak," ungkap Ahmad Ali.

    Anggota Komisi III itu mengingatkan pemerintah tak membuat kebijakan yang bertentangan dengan semangat pembahasan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker). Yakni, mempermudah investor masuk ke Indonesia.

    "Logika saya kalau investor saja dimudahkan bagaimana dengan rakyat, sehingga peraturan-peraturan yang sifatnya memberatkan rakyat itu kita akan tentang," sebut dia.

    Selain itu, Ahmad mengingatkan pemerintah tidak gagap membuat aturan turunan dari UU PNBP. Intinya, harus bijak memungut pajak.

    "Kita harus bisa memilah yang mana harus jadi objek (pajak) dan mana yang harus kemudian kita lindungi," ujar Ahmad.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id