Upaya Pemerintah Mendongkrak Wisata Halal di Tengah Pandemi Covid-19

    Kautsar Widya Prabowo - 15 September 2021 13:30 WIB
    Upaya Pemerintah Mendongkrak Wisata Halal di Tengah Pandemi Covid-19
    Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian (4K) menjadi peluang dalam mendongkrak wisata halal di tengah pandemi covid-19. Saat ini,  tren wisata halal di berbagai negara tengah meningkat.

    "Hal ini didorong oleh meningkatnya jumlah pelancong muslim khususnya dari negara-negara Timur Tengah," ujar Ma'ruf dalam acara Hybrid Event Leaders Summit Asia–Global Tourism Forum (GTF) 2021, yang disiarkan secara virtual di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu, 15 September 2021.

     



    Namun, Ma'ruf melihat pengembangan wisata halal masih terkendala rendahnya literasi masyarakat. Literasi wisata halal perlu digencarkan ke seluruh masyarakat.

    Wisata halal, kata Ma'ruf, merupakan tersedianya layanan yang ramah bagi wisatawan muslim. Mulai dari akomodasi, makanan yang halal, tempat ibadah yang memadai, serta fasilitas layanan halal lainnya.

    "Upaya ini dimaksudkan untuk mendukung agar Indonesia menjadi leader dalam global halal tourism sekaligus untuk meningkatkan minat wisatawan muslim dunia datang ke Indonesia," kata dia.

    Baca: Wapres: Pandemi Jadi Tantangan Sektor Pariwisata untuk Bangkit

    Pemerintah Indonesia telah menetapkan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE). Hal itu menjadi standar dalam pelayanan destinasi wisata.

    "Diperlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan, serta para wisatawan, baik domestik maupun internasional, untuk berdisiplin secara ketat melaksanakan protokol kesehatan CHSE," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id