Dapat Tunjangan dari Negara, ASN Tak Boleh Terima Bansos

    Anggi Tondi Martaon - 25 November 2021 11:51 WIB
    Dapat Tunjangan dari Negara, ASN Tak Boleh Terima Bansos
    Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah



    Jakarta: Komisi VIII menilai aparatur sipil negara (ASN) tak seharusnya mendapat bantuan sosial (bansos). Mereka sudah memperoleh tunjangan setiap bulan dari negara.

    "Apalagi jika penerima bantuan sosial itu yang berstatus golongan III dan IV. Pasti secara penghasilan sudah sangat tidak wajar jika mereka mendapatkan bansos," kata Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Kamis, 25 November 2021.

     



    Ketua DPP Partai Golkar itu mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) dan pemerintah daerah (pemda) memperbarui sistem pendataan penerima bansos. Data tersebut harus diverifikasi dan divalidasi.

    Kemensos juga harus mengidentifikasi ASN yang terdata sebagai penerima bansos. Kemudian, Kemensos diminta mengklarifikasi alasan mereka terdata sebagai penerima bansos.

    "Kami mendesak kepada Kemensos segera memperbaiki sistem pendataan Data Terpadu Keaejahteraan Sosial (DTKS). Demikian juga pemda yang menginput DTKS juga harus objektif, akurat, dan tepat sasaran," ungkap dia.

    Ace juga meminta ASN yang mendapatkan bantuan secara sukarela segera mengundurkan diri sebagai penerima bansos. Jika tidak, harus diberikan sanksi tegas.

    "Ada warga yang lebih berhak mendapatkan bantuan tersebut," ujar dia.

    Baca: Seribu ASN di Sulsel Diduga Terima Bansos

    Sebelumnya, Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan mengungkap ada 1.000 ASN di Sulawesi Selatan terdata sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Anggota Komisi E, John Rende Mangontan, meminta Dinas Sosial Sulawesi Selatan melakukan pengecekan kembali terkait hal tersebut.

    "Jadi ada sekitar seribuan ASN di Sulsel menerima PKH. Datanya seperti itu," kata John di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 24 November 2021.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id