comscore

Ini Tantangan Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil Jika Ingin Nyapres

Kautsar Widya Prabowo - 28 Desember 2021 05:00 WIB
Ini Tantangan Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil Jika Ingin <i>Nyapres</i>
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan bursa Calon Presiden (Capres) 2024 didominasi kepala daerah. Beberapa kepala daerah menempati posisi tertinggi survei elektabilitas. 

"Tantangan terbesar yang dimiliki kepala daerah itu ketika mereka sudah tidak lagi menjadi kepala daerah di 2022 dan di 2023," ujar Adi dalam konferensi pers secara virtual bertajuk Rilis Survei Nasional and Political Outlook 2022: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik, Senin, 27 Desember 2021. 

 



Baca: Sandiga Uno Unggul dalam Survei Elektabikitas Cawapres 2024

Dalam survei yang dilakukan Politika Research and consulting (PRC) dan PPI memaparkan simulasi elektabilitas 32 capres tertinggi yakni Ganjar Pranowo dengan 23,1 persen suara responden. Disusul Prabowo Subianto 21,6 persen, Anies Baswedan 11,4 persen, Sandiaga Uno 7,9 persen, dan Ridwan Kamil 5,1 persen.

Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan tolerensi kesalahan atau margin eror 2,5 persen. Kemudian tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan pada 12 November-4 Desember 2021 dengan sampel 1.600 responden tersebar di 34 provinsi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menilai elektabilitas Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil belum menjamin mereka lolos sebagai kandidat Pilpres 2024. Sebab, ketiga kepala daerah itu akan kehilangan panggung saat habis masa jabatannya. 

"Pak Ganjar, Anies, Ridwan Kamil itu sebentar lagi pensiun, jadi momentum politiknya juga akan hilang seiring waktu," tutur Jazuli. 

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id