comscore

Survei: Elektabilitas Ganjar di Atas Prabowo dan Anies

Achmad Zulfikar Fazli - 28 Desember 2021 22:56 WIB
Survei: Elektabilitas Ganjar di Atas Prabowo dan Anies
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Lembaga Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait kecenderungan perilaku politik pemilih nasional. Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai bakal unggul bila pemilu dilakukan saat survei.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan ada tiga nama yang selalu berada di urutan atas dalam survei, yaitu Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ganjar mendapatkan dukungan terbesar jika survei dilakukan pada orang yang tahu ketiga tokoh tersebut.
“Survei dilakukan dengan pengetahuan pemilih seperti apa dan siapa yang akan dipilih dari tiga nama tersebut. Hasilnya Ganjar mendapat dukungan terbesar,” kata Sirojudin Abbas, dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 Desember 2021.

Dia menyebut dalam hasil simulasi terbuka 43 nama, Ganjar mendapat dukungan 27,9 persen, Prabowo 15,1 persen, dan Anies 14,7 persen. Jika survei dikurangi menjadi 15 nama, elektabilitas Ganjar menjadi 32,2 persen, Prabowo 17 persen, dan Anies 16,3 persen.

“Kita melihat efek tahu ini cukup berpengaruh terhadap perubahan peta dukungan. Karena jika di awal simulasi 15 nama elektabilitas Ganjar dan Prabowo seimbang, tapi di kalangan warga yang sama-sama mengenal tiga tokoh Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies,” jelas dia.

Baca: Ini Tantangan Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil Jika Ingin Nyapres

Survei SMRC dilakukan secara random (multistage random sampling) pada 2.420 responden di seluruh Indonesia. Proses wawancara dilakukan pada 8-16 Desember 2021. Margin of error survei ini sekitar 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id